ANALISIS BUKU TEKS “AL MUṬALA’AH AL ḤADIṠAH “ KARANGAN K.H MAHMUD YUNUS ( PERSPEKTIF METODOLOGI PENYUSUNAN BUKU TEKS BAHASA ARAB )

KHAZINATUL HUSNA, NIM. 08420080 (2013) ANALISIS BUKU TEKS “AL MUṬALA’AH AL ḤADIṠAH “ KARANGAN K.H MAHMUD YUNUS ( PERSPEKTIF METODOLOGI PENYUSUNAN BUKU TEKS BAHASA ARAB ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU TEKS “AL MUṬALA’AH AL ḤADIṠAH “ KARANGAN K.H MAHMUD YUNUS ( PERSPEKTIF METODOLOGI PENYUSUNAN BUKU TEKS BAHASA ARAB ))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU TEKS “AL MUṬALA’AH AL ḤADIṠAH “ KARANGAN K.H MAHMUD YUNUS ( PERSPEKTIF METODOLOGI PENYUSUNAN BUKU TEKS BAHASA ARAB ))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara materi pokok pada Buku Al Mutala’ah Al Hadisah karya K.H Mahmud Yunus dengan metodologi penulisan buku teks bahasa Arab . Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa arab umumnya juga kepada seluruh guru yang memakai buku Al Mutala’ah Al Hadisah sebagai buku pedoman ajar. Banyak sekali yang bias dibahas mengenai metodologi penulisan buku teks bahasa Arab. Namun fokus penelitian ini adalah metodologi penulisan buku teks bahasa arab pada materi pokok pada buku tersebut, yang mana materi pokok pada buku teks bahasa Arab adalah Bacaan – bacaan (Al Mutala’ah ), kaidah - kaidah bahasa Arab (Qawaidu al lughah al ‘arabiyyah), latihan (Al Tamrinaat), tahapan – tahapan penyajian bahan pelajaran dan adanya kamus singkat . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berupa penilaian literature atau biasa disebut dengan penelitian kepustakaan ( library research) dengan menggunakan metode telaah dokumen untuk pengumpulan bahan, sedangkan analisis datanya berupa content analisis . teknik analisis data dilakukan dengan menyesuaikan antara materi pokok buku teks dengan metodologi penulisan buku teks bahasa arab yang ada pada objek saasaran yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bacaan – bacaan pada buku ini harus lebih variatif, perlu diperbaiki dari sisi pengurutan nomor dan judul pada setiap pelajaran, kemudian dibahas pula kaidah-kaidah bahasa Arab yang secara materi sudah baik namun masih perlu diperbaiki pada hal pengurutan materi, sedangkan latihan (Al Tamrinaat) memiliki tahapan tahapan di setiap jilidnya, untuk jilid 1 tidak terdapat soal latihan, untuk jilid 2 disajikan soal latihan namun disertakan pula jawabannya dan untuk jilid 3 terdapat soal latihan, dan seanjutnya adalah tahapan – tahapan penyajian bahan pelajaran, yang mana masih perlu banyak diperbaiki karena masih banyak loncatan – loncatan materi. Kemudian yang terakhir pada materi pokok , yaitu adanya kamus singkat yang pada buku ini hanya terdapat di buku jilid 3 .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Aug 2013 09:42
Last Modified: 26 Apr 2017 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9167

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum