UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI TOKOH WAYANG DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMP NEGERI 18 PURWOREJO

AULIA FAJRI PURNAMASARI , NIM. 09410193 (2013) UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI TOKOH WAYANG DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMP NEGERI 18 PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI TOKOH WAYANG DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMP NEGERI 18 PURWOREJO )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI TOKOH WAYANG DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMP NEGERI 18 PURWOREJO )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang upaya penanaman nilai karakter melalui tokoh wayang di SMP N 18 Purworejo, faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai karakter melalui tokoh wayang dan bagaimana dampaknya terhadap perilaku keagamaan siswa. Penelitian ini menarik dikaji karena objek yang dijadikan penanaman nilai adalah wayang. Dalam pewayangan terdapat nilai-nilai karakter dan pesan moral yang dapat dijadikan panutan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP N 18 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, dan menyusunnya berdasarkan pemahaman data yang sudah diperoleh kemudian memeriksa keabsahan data dengan mengadakan triangulasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, upaya penanaman nilai karakter melalui tokoh wayang dilakukan dengan cara pemasangan gambar tokoh wayang, pemutaran video cerita wayang, dan melalui pembelajaran. Kedua, faktor pendukung intern yaitu guru mengerti karakter dalam pewayangan, siswa merupakan masyarakat jawa yang tidak asing dengan wayang, dan muatan tentang wayang yang terdapat dalam pelajaran Bahasa Jawa. Faktor pendukung ekstern yaitu wayang merupakan kebudayaan Indonesia yang harus dilestarikan, lingkungan masyarakat sering mengadakan pagelaran wayang, dan masih ada penggemar wayang. Faktor penghambat intern yaitu minat siswa yang berbedabeda terhadap wayang, tidak ada pembinaan tentang wayang kepada guru, dan kurangnya alat peraga yang berhubungan dengan wayang. Faktor penghambat ekstern yaitu pengaruh globalisasi, cerita pewayangan yang abstrak, dan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Ketiga, dampak penanaman nilai karakter melalui tokoh wayang terhadap perilaku keagamaan siswa dari segi kognisi meliputi nilai mata pelajaran PAI yang selalu meningkat dan kejuaraankejuaraan di bidang keagamaan yang diperoleh siswa. Dari segi afeksi meliputi kesadaran berdoa sebelum pelajaran dimulai dan setelah pelajaran, membaca AlQur‟an sebelum pelajaran dimulai tanpa disuruh oleh guru, dan semakin banyak siswa yang memakai jilbab/kerudung. Dari segi konasi meliputi, akhlak kepada Allah yaitu selalu mengerjakan sholat dhuhur berjama‟ah, mengambil air wudhu dan sholat dengan tertib, akhlak terhadap sesama makhluk Allah yaitu kesadaran berinfaq semakin tinggi, tingkat sopan santun meningkat, saling menghargai dan menghormati, akhlak terhadap alam sekitar yaitu sekolah semakin bersih, tanaman yang ada di sekolah terawat dengan baik, dan siswa tidak membuang sampah sembarangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Aug 2013 09:48
Last Modified: 28 Jul 2017 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9169

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum