SIHIR DALAM HADIS (STUDI TEMATIS TERHADAP MAKNA SIHIR DALAM HADIS NABI)

AHMAD SYUKRI - NIM. 00530244, (2008) SIHIR DALAM HADIS (STUDI TEMATIS TERHADAP MAKNA SIHIR DALAM HADIS NABI). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (SIHIR DALAM HADIS STUDI TEMATIS TERHADAP MAKNA SIHR DALAM HADIS NABI)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SIHIR DALAM HADIS STUDI TEMATIS TERHADAP MAKNA SIHR DALAM HADIS NABI)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian tentang Sihir Dalam Hadis Nabi: Studi Tematis Terhadap Makna Sihr Dalam Hadis Nabi, adalah urgen atau penting berdasarkan beberapa alasan. Pertama: sihir sering diidentikkan dengan hal-hal supernatural, gaib, luar biasa dan klenik serta berbau syirik. Kedua, disisi lain kata sihr tidak hanya bermakna sesuatu yang supernatural, melainkan juga dipakai untuk hal-hal lain di dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, banyak terjadi kesalahan dalam memahami sebuah hadis karena tidak jelasnya makna sihir yang dimaksud dalam kalimat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja makna kata sihr dalam bahasa Arab. Kemudian makna yang mana saja yang dipakai dalam hadis. Serta mengetahui fenomena masa kini apa saja yang masuk kategori sihir. Dengan menggunakan metode deskriptif analitis,dapat diperoleh gambaran berbagai makna sihir, makan masa saja yang terdapat dalam hadis serta fenomena ana saja yang termasuk kategori sihir saat ini. Berdasarkan uraian dari penelitian ini dapat dihasilkan beberapa temuan, yaitu: Pertama. A) Sihir dimaknai sebagai suatu perbuatan yang membuat seseorang dekat dengan setan dan berbagai bantuannya. B). Sihir dengan makna sulap. C). Sihir dengan makna realitas palsu yang direpresentasikan. D). Segala hal yang tidak diketahui sumber serta mekanisme kerjanya. Kedua, ditemukan 4 makna sihr yang dipakai dalam hadis. A). Sihir yang bermakna perbuatan santet. B). Sihir yang bermakna ramalan. C). Sihir yang bermakna representasi realitas palsu. D). Peristiwa atau kemampuan luar biasa. Ketiga, fenomena terkini yang termasuk kategori sihir. A). Sulap. B). Komunikasi media, terdiri dari berita teks media dan iklan. C). Ramalan, terdiri dari: Astrologi, numerologi, palmistri dan radiesthesia. D). Berbagai hal magis yang dianggap menggunakan kekuatan supernatural. Terdapat beberapa bagian. Pertama ialah: berbagai kemampuan psikis,seperti: Clairvoyance, Clairaudience, Telepathy, Precognition, Psychometry, Perjalanan Astral, Telekinsis - Psychokinesis, Levitation. Kedua ialah: tenaga dalam, prana dan reiki. Ketiga ialah berbagai macam jimat atau amulet. 1. simbol-simbol keagamaan dan spiritual: salib, tulisan Allah dan Muhammad, foto guru-guru spiritual seperti Sai Baba dan Babaji. 2. Jimat yang dibuat untuk tujuan khusus, seperti: hizib, keris, susuk, crystal, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I : Drs. Indal Abror, M.Ag.; Pembimbing II : Drs. H. Agung Danarto, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Sihir, Hadis
Subjects: Tafsir Hadist
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 15:28
Last Modified: 06 Oct 2016 04:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/917

Actions (login required)

View Item View Item