PEMBELAJARAN MUFRODAT DENGAN METODE MENGHAFAL DI ASRAMA SMK PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA

SITI NURHALIMA, NIM. 09420201 (2013) PEMBELAJARAN MUFRODAT DENGAN METODE MENGHAFAL DI ASRAMA SMK PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN MUFRODAT DENGAN METODE MENGHAFAL DI ASRAMA SMK PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN MUFRODAT DENGAN METODE MENGHAFAL DI ASRAMA SMK PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran mufradât dengan metode menghafal di Asrama SMK Al-Munawwir Komplek Q serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran mufradât dengan metode menghafal. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian yang berbentuk deskriptif analitis dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Al-Munawwir yang berjumlah 16 siswa. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif – analitik, yaitu mendeskripsikan dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan Pembelajaran Mufradât di Asrama SMK Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q menggunakan metode menghafal dengan tujuan membekali siswa agar dapat memiliki ketrampilan berbahasa. Sumber materi yang digunakan ialah kamus AlMunawwir “karangan KH. Ahmad Warson Munawwir”. Adapun evaluasi pembelajarannya dilaksanakan dengan cara memberikan tugas harian dan mingguan dengan menghafal mufradât. Adapun faktor pendukung pembelajaran mufradât di Asrama SMK Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q adalah guru dan santri yang saling bekerja sama dan bersungguh dalam belajar. Sedangkan faktor penghambatnya ialah guru kurang menguasai qaidah bahasa Arab serta lingkungan yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Aug 2013 10:00
Last Modified: 03 May 2017 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9170

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum