KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL KHALIEQY

DIROH - NIM. 00520163, (2008) KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL KHALIEQY. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Diskusi mengenai konstruksi tentang perempuan memang sesuatu yang sangat menarik dan tidak akan pernah habis dibahas dalam berbagai perspektif. Tak terkecuali dengan agama Islam. Pesan suci agama diturunkan oleh Allah melalui Rosul utusan-Nya, yang diharapkan dari diturunkannya pesan-pesan suci Tuhan ke muka bumi sebagai problem solving bagi umat manusia. Namun justru kemudian dalam perkembangannya tak jarang agama malah menjadi bagian dari masalah itu sendiri. Sehingga agama Islam yang pada dasarnya amat menjunjung tinggi persamaan dan keadilan umat manusia, malah dituduh ikut memperkuat konstruksi gender dan seksualitas yang timpang. Adapun bicara mengenai cita dan fakta maka timbul pertanyaan kenapa sekarang sepeninggal Rasulullah ada jurang yang amat lebar antara kehendak Nabi dengan pemahaman dan perilaku umat Islam. Mengapa juga terjadi kesenjangan antara cita-cita ideal Islam dengan realitas umat Islam dalam memandang dan memperlakukan kaum perempuan. Pertanyaan ini merupakan sebagian dari pertanyaan banyak perempuan yang hingga kini belum menemukan jawaban dan jalan keluar yang adil dan memuaskan semua pihak. Islam pada prinsipnya menekankan adanya kesetaraan dan keadilan antara lakilaki dan perempuan, termasuk dalam kehidupan rumah tangga. Namun kenyataanya perempuan justru lebih dituntut untuk bersikap nrimo terhadap apa yang telah ditentukan padanya. Sementara disisi lain laki-laki telah dibiasakan melakukan hegemoni dan mengambil segala keputusan bagi orang lain, khususnya bagi kaum perempuan. Pandangan serta kebiasaan ini kemudian berlangsung terus menerus dan diwariskan dari generasi ke generasi. Realitas masyarakat yang patriarkhis, perbedaaan gender (gender differensces) seringkali melahirkan berbagai bentuk ketidakadilan yang menimpa perempuan, diantaranya: marjinalisasi (proses pemiskinan ekonomi); subordinasi (penganggapan tidak penting); stereotype (pelabelan negatif); violence (kekerasan) dan double burden (beban ganda). Hal inilah yang kemudian menjadi ide dasar dari novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah el Khalieqy. Penelitian ini merupakan Deskripsi Analitis dalam menjawab persoalan bagaimana kontruksi tentang perempuan yang berimplikasi pada kekerasan terhadap perempuan yang digambarkan dalam Novel Perempuan Berkalung Sorban dan faktor apa yang memberi pengaruh terhadap konstruksi tentang perempuan dalam novel tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi sosial budaya masyarakat yang mewarnai hampir ajaran agama khususnya yang berkaitan dengan perempuan, pemahaman dan interpretasi penafsiaran agama yang dianggap sebagai kebenaran yang pasti oleh para pemeluknya dan yang terakhir adalah tidak adanya sikap kritis dari para pemeluknya atas tafsir-tafsir agama yang bias gender. br br

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I : Moh. Soehadha, S. Sos, M. Hum. ; Pembimbing II : Ahmad Baidlowi. S. Ag, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Perempuan, Novel
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item View Item