KORELASI ANTARA PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN PRESTASI SISWA KELAS IV B DI MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA

EKO YULIANI HASANAH, NIM.09480022 (2013) KORELASI ANTARA PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN PRESTASI SISWA KELAS IV B DI MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN PRESTASI SISWA KELAS IV B DI MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN PRESTASI SISWA KELAS IV B DI MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Eko Yuliani Hasanah, Korelasi Antara Peran Guru Bimbingan Konseling Dengan Prestasi Siswa Kelas IV b di MIN Kebonagung Imogiri Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) ada atau tidaknya korelasi antara peran guru bimbingan konseling dengan prestasi peserta didik kelas IV B di MIN Kebonagung, Imigiri, Bantul, Yogyakarta. 2) besarnya korelasi antara peran guru bimbingan konseling dengan prestasi peserta didik kelas IV B di MIN Kebonagung, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. 3) besarnya konstribusi antara peran guru bimbingan konseling dengan prestasi peserta didik kelas IV B di MIN Kebonagung, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, obyek penelitian ini adalah siswa kelas IV b MIN Kebonagung sebanyak 17 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Uji persyaratan analisis data yakni uji normalitas dan linieritas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat korelasi positif yang erat dan signifikan antara peran guru bimbingan konseling dengan prestasi siswa kelas IV B MIN Kebonagung. (2) korelasi antara peran guru bimbingan Konseling dengan prestasi siswa kelas IV b di MIN Kebonagung Imogiri Bantul Yogyakarta tinggi dan signifikan dengan nilai korelasi 0,738 dengan sig 0.001 < 0.005 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Korelasi yang tinggi dan tidak signifikan menunjukkan bahwa intensitas peran guru bimbingan konseling semakin tinggi maka prestasi belajar para siswa naik secara signifikan. Korelasi yang signifikan menandakan adanya peran guru bimbingan yang sangat tinggi dan berpengaruh pada prestasi siswa. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Peran Guru Bimbingan Konseling

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Sep 2013 11:59
Last Modified: 26 Jan 2017 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9194

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum