MIND MAP DALAM PENGAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB (UPAYA OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-B SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013)

CUCU CAHYANA, NIM. 06420015 (2013) MIND MAP DALAM PENGAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB (UPAYA OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-B SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MIND MAP DALAM PENGAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB (UPAYA OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-B SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (MIND MAP DALAM PENGAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB (UPAYA OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-B SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Mind Map dalam Pengajaran Kosakata Bahasa Arab; Upaya Optimalisasi Aktivitas Belajar dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-B SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta Tahun 2012/2013”. Penelitian ini bermula dari latar belakang perlunya metode alternatif dalam pengajaran kosakata bahasa Arab sebagai respons atas kurang optimalnya aktivitas belajar siswa yang tentunya berpengaruh pula pada hasil belajar siswa. Aktivitas siswa dalam merespon stimulus dari guru, perhatian siswa terhadap materi ajar dan pelaksanaan tugas dari guru menjadi rutinitas-formalitas semata. Khususnya dalam memorisasi kosakata, metode hafalan verbal dengan teknik pencatatan konvensional membuat proses memorisasi ini menjadi tidak optimal. Metode hafalan dengan teknik pencatatan konvensional ini membuat daya retrieval (memanggil kembali data) siswa lemah. Keadaan seperti ini berpotensi menimbulkan keengganan dalam belajar dan menurunnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan metode alternatif yang mampu mengoptimalkan aktivitas belajar siswa dalam proses memorisasi ini pada khususnya dan PBM secara umum. Untuk mengoptimalkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Arab dilakukan di penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode mind map Tony Buzan (dengan software pelengkap imindmap ultimate 4.1). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Pendekatan penelitian berdasarkan pada teori psikologi perkembangan kognitif Jean Piaget. Sedangkan analisis data dilakukan melalui teknik observasi meliputi aktivitas belajar siswa pra-tindakan dan pasca-tindakan, tes dan dokumentasi sebelum dan sesudah dilakukan tindakan (treatment). Penelitian ini dilakukan di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta dengan 3 siklus. Pada siklus pertama siswa belum dapat beradaptasi dengan metode mind map dan mengalami transisi kebiasaan belajar dari gaya belajar kognitif (konvensional) ke gaya belajar kreatif (mind map ) sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan mengenai prinsip-prinsip mind map dan guru menerapkan metode ini dengan menggabungkan beberapa metode yang sesuai dengan karakteristik mind map . Pada akhirnya (siklus kedua dan ketiga) sebagian besar siswa mampu beradaptasi dengan metode ini dan memperoleh implikasi yang signifikan. Dari hasil observasi rerata skor aktivitas belajar siswa selama 3 siklus berturut-turut 6,0 (50%); 7,8 (65%); dan 8,9 (79,5%). Sedangkan hasil belajar siswa melalui tes harian diperoleh skor 90,25 pada tes pertama; 74,1 pada tes kedua; dan 95,29 pada tes ketiga. Sedangkan rerata nilai ujian sekolah siswa dari skor rerata 66,65 (pada ujian akhir semester I) menjadi 81,59 (pada ujian tengah semester II). Melalui data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode mind map dapat mengoptimalkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Sep 2013 15:52
Last Modified: 03 May 2017 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9197

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum