STUDI KORELASI ANTARA INTELIGENSI DENGAN PRESTASI BELAJAR QUR'AN HADITS SISWA DI MTsN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

NIHAYATI - NIM. 03410172, (2008) STUDI KORELASI ANTARA INTELIGENSI DENGAN PRESTASI BELAJAR QUR'AN HADITS SISWA DI MTsN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI ANTARA INTELIGENSI DENGAN PRESTASI BELAJAR QUR'AN HADITS SISWA DI MTsN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (976kB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI ANTARA INTELIGENSI DENGAN PRESTASI BELAJAR QUR'AN HADITS SISWA DI MTsN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)

Abstract

Studi Korelasi Antara Inteligensi Dengan Prestasi Belajar Qur'an Hadits Siswa Di MTsN Tempel Sleman Yogyakarta . Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujun untuk mengungkap seberapa besar korelasi antara tingkat Inteligensi dengan Prestasi Belajar Qur'an Hadits Siswa di MTsN Tempel Sleman Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Tempel Sleman tahun pelajaran 2006/2007 sebanyak 146 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan menggunakan nomor-nomor tertentu. Ukuran sampel ditentukan dengan mengambil 25% dari jumlah populasi berdasar pendapat Suharsimi Arikunto sehingga junlah sampelnya sebanyak 37 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat inteligensi siswa kelas VII MTsN Tempel Sleman Yogyakarta berada pada kategori cerdas dengan prosentase 48,65 dan rata-rata (average) dengan prosentase 48,65%. 2) Prestasi belajar Qur'an Hadits berada pada kategori lebih dari cukup, yaitu dengan nilai rata-rata 76,68. 3) Ada hubungan positif yang signifikan antara inteligensi dengan prestasi belajar Qur'an Hadits, dengan xy r sebesar 0,660. Ternyata xy r dilihat pada tabel r taraf signifikansi 5% sebesar 0,325 dan pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,418. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat inteligensi siswa kelas VII MTsN Tempel akan semakin tinggi pula prestasi belajar Qur'an Hadits mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Korelasi, inteligensi, prestasi belajar, Qur'an amp; Hadits
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 May 2012 03:16
Last Modified: 04 Aug 2017 07:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item