FUNGSI ORGANIZING DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH (ANALISIS FUNGSI ORGANIZING PADA MASJID JOGOKARIYAN MANTRIJERON YOGYAKARTA)

MIFTAHORRAHMAN - NIM. 03240047, (2008) FUNGSI ORGANIZING DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH (ANALISIS FUNGSI ORGANIZING PADA MASJID JOGOKARIYAN MANTRIJERON YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (FUNGSI ORGANIZING DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH (ANALISIS FUNGSI ORGANIZING PADA MASJID JOGOKARIYAN MANTRIJERON YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FUNGSI ORGANIZING DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH (ANALISIS FUNGSI ORGANIZING PADA MASJID JOGOKARIYAN MANTRIJERON YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)

Abstract

ABSTRAK Dakwah adalah merupakan suatu keniscayaan bagi setiap Muslim, Perwujudan dakwah akan dapat berimplikasi pada pola sikap dan pola fikir masyarakat beragama itu sendiri. Aktifitas dakwah yang maju akan membawa pengaruh posittif terhadap pertumbuhan agama. Sebaliknya, aktifitas dakwah yang kurang maju akan membawa pengaruh negatif terhadap kemajuan agama. Wajarlah kemudian apabila agama Islam mewajibkan kepada seluruh umatnya untuk melakukan seruan atau ajakan kepada kebenaran dan mencegah dari kemungkaran. Inilah esensi pokok dari dakwah itu sendiri. Maka dari itu, menjadi tugas kita bersama sebagai umat muslim untuk melakukan dakwah dan sekaligus menjadi Agent control atas perkembangan dakwah itu sendiri. Di tengah situasi yang seperti ini di mana ilmu pengetahuan dan informasi berkembang dengan begitu pesatnya umat islam islam dalm hal ini sebagai pelaku dakwah hendaknya mempunyai sikap atau strategi dalam rangka pengembangan dakwahnya, baik itu berkenaan dengan pengelolaan organisasi dan pengembangannya. Lebih jauh berbicara tentang pengembangan Dakwah. ternyata masih banyak orang yang melakukan dakwah tanpa mengenal lelah baik atas nama pribadi atau kelompok, Seperti yang terlihat pada masjid Jogokariyan yang di dalamnya Organisasi Dakwah Masjid Jogokariyan dengan mencoba melakuakan pembagian tugas yang terstruktur, yang dampaknya daptat di dalam kesehariannya Masjid tersebut pelaksanaan Sholat jamaah bersama, terlihat juga semangat masyarakat dalam melaksanakan perintah agama Islam, lebih jauh dari itu sangat mendalami keberadaan mereka untuk mendakwahkan semua ajaran yang telah ditentukan dengan kesadaran dan menjungjung tinggi ajaran Allah SWT. Oleh karena itu penulis berkeinginan untuk menulusuri lebih mendalam atas realita-realita yang telah di dapatkannya. Tegasnya keinginan ini akan di bahasakan pada sebuah penelitian dengan tema FUNGSI ORGANIZING DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH (Analisis Fungsi Organizing Pada Masjid Jogokariyan Mantrijeron Yogyakarta) Analisis fungsi organizing ini akan dititik tekankan pada fungsi structural organisasi bagi pengembangan dakwah dengan melihat penempatan pengurusnya dan pola ubungannya. Metode yang akan di kembangkan adalah pendekatan kualitatif, dan analisis data bersifat diskriptif. Adapun proses pengumpulan data melalui Observasi, (melihat langsung) Interview, (wawancara) dan Dokumentasi, (melihat bukti-bukti tertulis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing :Drs. Hamdan Daulay, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Organisasi, Pengembangan Dakwah
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 17:05
Last Modified: 11 Jan 2017 01:48
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/921

Actions (login required)

View Item View Item