HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG BUSANA MUSLIMAH DENGAN GAYA BERPAKAIAN (Studi di Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)

ALFIYAH - NIM. 01540753, (2008) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG BUSANA MUSLIMAH DENGAN GAYA BERPAKAIAN (Studi di Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG BUSANA MUSLIMAH DENGAN GAYA BERPAKAIAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG BUSANA MUSLIMAH DENGAN GAYA BERPAKAIAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)

Abstract

ABSTRAK Islam sebagai etika normatif bukanlah agama yang hanya terbatas dalam kehidupan pribadi yang semata-mata mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya, akan tetapi memberikan pedoman hidup yang utuh dan menyeluruh, termasuk aturan berbusana bagi kaum wanita muslimah. Pemakaian busana muslimah saat ini telah meluas ke berbagai instansi, termasuk di kampus terutama kampus-kampus yang berbasis Islam, yang mewajibkan pemakaian busana muslimah. Kewajiban ini tentu saja membuat sebagian mahasiswi yang sebenarnya belum ada niat, terpaksa harus memakai busana muslimah. Peraturan kampus inilah yang menginspirasi mahasiswi untuk bisa memenuhi aturan kampus, namun juga masih tampil modis dan menarik, yaitu salah satunya menggunakan busana tertutup yang sedang trend. Terkait dengan permasalahan di atas, penelitian ini bermaksud mengungkap bagaimana persepsi dan ekspresi mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) terhadap busana muslimah dan trend fashion saat ini serta bagaimana korelasi antara keduanya. Untuk menemukan jawaban permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif dengan pendekatan sosiologi agama. Pengambilan data dilakukan melalui angket yang diberikan kepada 103 mahasiswi muslimah. Data tersebut kemudian dianalisis dengan statistik korelasi productmoment secara manual. Selain angket, data juga diperoleh melalui wawancara serta dokumentasi yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswi muslimah FE.UAD memandang busana muslimah sebagai munculnya model mutakhir busana yang sedang diminati oleh masyarakat, yang bisa menutupi seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan, model dan corak sesuai dengan usia, acara serta enak dipandang. Mahasiswi muslimah FE.UAD mengekspresikan gaya berpakaiannya dengan setelan celana atau rok dengan T.Shirt atau blouse yang memang lagi diminati oleh masyarakat seusianya. Hanya sebagian kecil mahasiswi saja yang mengenakan gamis atau jubah. Adapun antara persepsi mahasiswi terhadap trend fashion dengan gaya berpakaian berkorelasi positif, dengan indeks korelasi sebesar 0,47 setelah dilakukan analisis secara manual. Artinya apabila persepsi tentang busana muslimah semakin tinggi maka gaya berpakaian pun akan sesuai dengan syariat, namun sebaliknya jika persepsi tentang busana muslimah rendah maka akan berimbas pula pada gaya berpakaiannya yaitu cenderung belum sesuai dengan syariat. Hal ini nampak dari ekspresi gaya berpakaian mahasiswi FE.UAD secara umum mengikuti model-model pakaian yang lagi marak di masyarakat baik dalam bentuk T.Shirt, Blouse, rok maupun celana. Bahkan jilbab yang dikenakannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I : Ahmad Muttaqin, S. Ag, M.Ag. ; Pembimbing II : Moh. Soehada, S.Sos, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Busana Muslimah, Gaya Berpakaian
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 13:16
Last Modified: 02 Nov 2016 06:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/922

Actions (login required)

View Item View Item