PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI MIN YOGYAKARTA I

IKROM KARYODIPUTRO, NIM. 09480105 (2013) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI MIN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI MIN YOGYAKARTA I )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI MIN YOGYAKARTA I )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

MUHAMMAD IKROM KARYODIPUTRO, "Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator dalam Peningkatan Kinerja Guru di MIN Yogyakarta I". Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2013. Kepala madrasah merupakan figur utama yang memiliki peran dan tanggung jawab besar atas terselenggarakannya program dan kegiatan pendidikan di madrasah. Dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya, kepala MIN Yogyakarta I dihadapkan pada problematika kurang optimalnya kinerja yang dihasilkan para guru. Hal ini disebabkan antara lain karena rendahnya kesadaran sebagian guru tentang beragamnya tugas guru yang tidak hanya sebagai pendidik, serta kurangnya motivasi yang dimiliki mereka. Penelitian ini difokuskan pada persoalan peran kepala madrasah sebagai motivator serta faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapinya dengan mengambil latar di MIN Yogyakarta I. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif analitis dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, pengecekan keabsahan data dengan triangulasi serta menggunakan teknik analisis data model interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan fokus penelitian, maka temuan penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: peran yang diemban kepala MIN Yogyakarta I sebagai motivator dalam peningkatan kinerja guru yaitu melalui pengaturan lingkungan fisik madrasah, pengaturan suasana kerja guru, pembinaan disiplin guru, pemberian dorongan kepada guru, dan pemberian penghargaan (reward) kepada guru yang berprestasi. Faktor pendukung yang dihadapi kepala MIN Yogyakarta I dalam menjalankan peran sebagai motivator dalam peningkatan kinerja guru diantaranya yaitu adanya Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tentang petunjuk teknis pelaksanaan jabatan fungsional guru dan angka kreditnya, serta adanya seminar, workshop, dan pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh lembaga pendidikan lain di luar madrasah. Faktor penghambat yang dihadapi kepala madrasah diantaranya yaitu adanya personil yang kurang merespon dan terbatasnya anggaran yang dimiliki madrasah untuk melaksanakan program kerja madrasah. Kata Kunci: Kepala madrasah, motivator, kinerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Sep 2013 13:05
Last Modified: 27 Jan 2017 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9223

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum