STANDAR KOMPETENSI PUSTAKAWAN UNTUK MENINGKATKAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA PERIODE 2010-2013

ULFA LAILI QODRIYAH, NIM. 09470125 (2013) STANDAR KOMPETENSI PUSTAKAWAN UNTUK MENINGKATKAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA PERIODE 2010-2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STANDAR KOMPETENSI PUSTAKAWAN UNTUK MENINGKATKAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA PERIODE 2010-2013 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STANDAR KOMPETENSI PUSTAKAWAN UNTUK MENINGKATKAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA PERIODE 2010-2013 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ulfa Laili Qodriyah, Standar Kompetensi Pustakawan untuk Meningkatkan Pengelolaan Perpustakaan di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta periode 2010-2012. Skripsi, Yogyakarta : Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana standar kompetensi pustakawan yang meliputi kompetensi manajerial, kompetensi pengelolaan informasi, kompetensi kependidikan, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi pengembangan profesi dalam upaya meningkatkan pengelolaan perpustakaan di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi pengelola perpustakaan (pustakawan), khususnya tentang kualifikasi pada standar kompetensi pustakawan, upaya sekolah memenuhi kualifikasi dan standar kompetensi, dan implikasi yang diberikan pustakawan terhadap pengelolaan perpustakaan di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Objek penelitian adalah kepala sekolah, guru bidang studi, pustakawan, dan siswa SMP Muhammadiyah 3 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan metode analisis deskriptif-analitik yaitu metode yang digunakan untuk menyusun data yang telah dikumpulkan, dijelaskan kemudian di analisa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kompetensi pustakawan yang dilakukan oleh pustakawan pada periode 2010 sampai 2012 di SMP Muhammadiyah 3 Depok memenuhi standar kompetensi pustakawan, dilihat dari kualifikasi pada standar kompetensi pustakawan yang meliputi a) kompetensi manajerial; b) kompetensi pengelolaan informasi; c) kompetensi kependidikan; d) kompetensi kepribadian; e) kompetensi sosial; dan f) kompetensi pengembangan profesi. 2) Upaya sekolah meningkatkan kompetensi tersebut dengan adanya pustakawan berkualifikasi DIII IPI lulusan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, sekolah memberikan semacam supervisi kepada petugas perpustakaan, ada kerjasama dengan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), sekolah mengirimkan pustakawan untuk pelatihan beberapa kali, berusaha memberikan ruang yang nyaman dan layanan yang terbaik pada pengguna, berdasarkan ketentuan dari pemerintah sekolah memberikan dana lebih untuk perpustakaan, dan semua guru diwajibkan memanfaatkan perpustakaan. 3) Implikasi yang diberikan pustakawan untuk SMP Muhammadiyah 3 Depok dalam hal pengelolaan perpustakaan, pustakawan tersebut sudah memberikan dampak yang positif bagi pengguna perpustakaan melalui pengadaan bahan-bahan pustaka, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka, pengaturan dan pemeliharaan buku, ruang dan perlengkapan perpustakaan, dan terakhir pelayanan pembaca yang dilakukan oleh pustakawan pada tahun 2010 sampai 2012.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Sep 2013 13:11
Last Modified: 24 Aug 2018 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9241

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum