KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA KELAS V TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI MIN PAJANGAN BANTUL

WIDAYATI, NIM. 09480077 (2013) KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA KELAS V TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI MIN PAJANGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA KELAS V TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI MIN PAJANGAN BANTUL )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA KELAS V TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI MIN PAJANGAN BANTUL )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

WIDAYATI, “Korelasi Antara Persepsi Siswa Kelas V Terhadap Kinerja Guru Matematika Dengan Prestasi Belajar Matematika di MIN Pajangan Bantul”. Skipsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Prestasi belajar Matematika dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran di kelas. Sehingga, diharapkan proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik apabila di dukung oleh guru Matematika yang mempunyai kompetensi dan kinerja yang tinggi. Guru merupakan ujung tombak dan pelaksana terdepan siswa di sekolah. Idealnya siswa yang memiliki prestasi belajar Matematika bagus ia juga memiliki penilaian yang baik terhadap kinerja guru. Oleh karena itu, perlu diadakannya penelitian tentang korelasi antara penilaian siswa kelas V terhadap kinerja guru dengan prestasi belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana persepsi siswa kelas V terhadap kinerja guru Matamatika di MIN Pajangan Bantul, mengetahui sejauhmana prestasi belajar Matematika siswa kelas V, mengetahui korelasi antara persepsi siswa kelas V terhadap kinerja guru dengan prestasi belajar Matematika di MIN Pajangan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek seluruh siswa kelas V. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi analisis korelasi. Hasil dalam penelitian ini yaitu: (1) persepsi siswa terhadap kinerja guru Matematika bermacam-macam mulai dalam kategori yang sangat baik dengan skor 1103,75 – 117,00 sampai dengan kategori tidak baik dengan skor 64,00 - 76,25. (2) prestasi belajar Matematika di MIN Pajangan Bantul dalam kategori baik dengan skor 77,08 – 85,25. (3) dari hasil analisis data menggunakan analisis Product Moment diperoleh nilai koefisien sebesar 0,636 dengan taraf signifikansi sebesar 0,005 pada tingkat kepercayaan 0,05. Dari hasil perhitungan diatas diperoleh hasil signifikansi sebesar 0,005 < 0,05, Sehingga Ha (Hipotesis alternatif) diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya bahwa Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa kelas V terhadap kinerja guru dengan prestasi belajar Matematika di MIN Pajangan. Sedangkan hubungan antar kedua variabel ini ditunjukan dengan nilai korelasi sebesar 0,636 yang termasuk dalam kategori kuat (0,60 - 0,799). Kata kunci: Persepsi siswa, kinerja guru, prestasi belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Sep 2013 13:24
Last Modified: 01 Feb 2017 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9243

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum