UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SHALAT SISWA MELALUI METODE DEMONTRASI DALAM PEMBELAJARAN SHALAT DI KELAS I SD QURROTA A’YUN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

SURATI, NIM. 09411123 (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SHALAT SISWA MELALUI METODE DEMONTRASI DALAM PEMBELAJARAN SHALAT DI KELAS I SD QURROTA A’YUN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SHALAT SISWA MELALUI METODE DEMONTRASI DALAM PEMBELAJARAN SHALAT DI KELAS I SD QURROTA A’YUN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SHALAT SISWA MELALUI METODE DEMONTRASI DALAM PEMBELAJARAN SHALAT DI KELAS I SD QURROTA A’YUN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran shalat dengan menggunakan metode demonstransi di kelas I SD Qurrota A’yun dan mengetahui peningkatan kemampuan shalat kelas I SD Qurrota A’yun setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstransi Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom Action research (CAR) dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pembelajaran dengan metode demonstrasi yang bersifat kolaboratif dan partisipatif dengan melakukan pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan penggunaan metode demonstrasi terhadap materi shalat pada siswa kelas I SD Qurrota A’yun Babadan Banguntapan Bantul ternyata berdampak positif. Mereka terlibat langsung di dalam kegiatan pembelajaran shalat. Hal ini tampak pada skor nilai yang meningkat. Pada kegiatan prasiklus skor rata-rata secara klasikal adalah 63,58. Pada siklus I pertemuan 1 skor rata-rata 68,89, pertermuan 2 rata-rata 72,83. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 skor rata-rata 76,76 dan pertemuan 2 menjadi 80,31. Memperhatikan data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa, mulai dari prasiklus sampai siklus II terdapat peningkatan rata-rata secara klasikal sebesar 16,73. Sedangkan ketuntasan belajar dari 14 siswa atau 48,28% pada siklus I menjadi 26 siswa atau 89,66%. Pembelajaran melalui metode demonstrasi pada siswa kelas I SD Qurrota A’yun Babadan Banguntapan Bantul yang digunakan di dalam materi shalat mengalami peningkatan signifikan. Kata Kunci: Meningkatkan kemampuan shalat, Metode demonstrasi, Penelitian tindakan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Sep 2013 14:36
Last Modified: 24 Aug 2018 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9253

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum