NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM TAARE ZAMEEN PAR (PANDANGAN PENDIDIKAN ISLAM)

UMMU UMAROH, NIM. 08470069 (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM TAARE ZAMEEN PAR (PANDANGAN PENDIDIKAN ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM TAARE ZAMEEN PAR (PANDANGAN PENDIDIKAN ISLAM))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM TAARE ZAMEEN PAR (PANDANGAN PENDIDIKAN ISLAM))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

UMMU UMAROH. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Film Taare Zameen Par (Pandangan Pendidikan Islam). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2013. Latar belakang penelitian ini adalah proses belajar mengajar di sekolah, terutama dalam menghadapi siswa yang kurang mampu dalam menerima materi pelajaran. Pendidikan bukan semata-mata sebagai sarana untuk persiapan kehidupan yang akan datang, tetapi juga untuk kehidupan seorang anak yang sedang mengalami perkembangan menuju kedewasaannya. Proses penanaman nilai-nilai tidak hanya melalui pendidikan formal dan non-formal saja. Namun, bisa malalui media seperti film, film merupakan media komunikasi yang efektif dan dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. Terutama dalam film Taare Zameen Par terdapat pesan edukatif yang ditampilkan oleh para tokohnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Taare Zameen Par dan bagaimana perspektif pendidikan Islam terhadap nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Taare Zameen Par. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam film Taare Zameen Par dan dalam pandangan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil objek film Taare Zameen Par. Dan sasarannya adalah orang tua dan seluruh pihak yang berkecimpung di dunia pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan semiotika. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan content analysis (analisis isi) dan dari analisis tersebut ditarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menerapkan nilai karakter bisa melalui media film. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Taare Zameen Par diantaranya adalah disiplin, rasa ingin tahu, tanggung jawab, kerja keras dan pantang menyerah, mandiri, percaya diri, demokratis, peduli sosial. Pendidikan karakter dalam pandangan pendidikan Islam sejatinya adalah internalisasi nilai-nilai adab ke dalam pribadi pelajar. Internalisasi ini merupakan proses pembangunan jiwa yang berasaskan konsep keimanan. Gagalnya sebuah pendidikan karakter yang terjadi selama ini, dapat disebabkan karena karakter yang diajarkan minus nilai keimanan dan konsep adab. Sehingga, proses pembangunan karakter tersendat bahkan hilang sama sekali. Dalam penelitian ini terlihat adanya kesamaan tujuan antara pendidikan karakter dengan pendidikan Islam. Pendidikan Islam ingin membentuk manusia yang bermoral, berakhlak mulia, sehingga menjadi insan kamil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Sep 2013 14:49
Last Modified: 24 Aug 2018 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9255

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum