PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDEKATAN PENDIDIKAN INKLUSIF TERHADAP TUNANETRA DI JURUSAN PAI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

WIDO YUFRI ASHAR, NIM. 09410255 (2013) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDEKATAN PENDIDIKAN INKLUSIF TERHADAP TUNANETRA DI JURUSAN PAI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDEKATAN PENDIDIKAN INKLUSIF TERHADAP TUNANETRA DI JURUSAN PAI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDEKATAN PENDIDIKAN INKLUSIF TERHADAP TUNANETRA DI JURUSAN PAI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

WIDO YUFRI ASHAR. Pelaksanaan Pembelajaran Pendekatan Pendidikan Inklusif Terhadap Tunanetra di Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi.Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kebijakan pemerintah yang membuka akses bagi setiap warga negara untuk mengenyam pendidikan inhklusif atau terbuka. Pendidikan ini dimaksudkan untuk memberikan peluang bagi setiap peserta didik dalam mendapatkan pengajaran yang layak dan bebas dalam menentukan pilihan yang diinginkannya. Konsep pembelajaran inklusif ini dapat kita amati pada perkuliahan di kelas jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hal ini tampak lebih jelas dengan membaurnya mahasiswa difabel netra dengan mahasiswa normal pada umumnya. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendekatan inklusif di Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan bagaimana pengembangan pembelajaran pendidikan pendekatan inklusif terhadap tuna netra di Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendekatan inklusif di Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dapat menghasilkan kebijakan yang bisa dilakukan oleh segala pihak yang terkait untuk mengembangkan pendidikan pendekatan inklusif di Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Memeriksa keabsahan data dilakukan dengan cara melakukan trianggulasi dengan mengambil dua sumber data dan kemudian dibandingkan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Adanya penyelenggaraan pembelajaran yang cukup inklusif terhadap mahasiswa difabel netra di jurusan PAI, wujud dari pelaksanaan pembelajaraan berpendekatan inklusif terhadap difabel netra itu meliputi interaksi, metode pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, PPLKKN integratif dan skripsi yang dijalani oleh mahasiswa difabel netra. 2) Dengan adanya pembelajaran yang inklusif terhadap tunanetra di jurusan PAI, untuk itu ada beberapa hal yang dapat dikembangkan dalam pengembangan pembelajaran inklusif dari tahun ketahun, mulai dari jenis pengembangan jangka panjang, jenis pengembangan jangka menengah dan jenis pengembangan jangka pendek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Sep 2013 15:01
Last Modified: 24 Aug 2018 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9257

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum