PENDIDIKAN HUMANIS DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Telaah atas Pemikiran Abdul Munir Mulkhan)

MUHAMAD YUSUF - NIM. 03410193, (2008) PENDIDIKAN HUMANIS DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Telaah atas Pemikiran Abdul Munir Mulkhan). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN HUMANIS DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN HUMANIS DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)

Abstract

Pendidikan Humanis dan Aplikasinya dalam Pendidikan Agama Islam (Telaah atas Pemikiran Abdul Munir Mulkhan). Skripsi.Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan humanis Abdul Munir Mulkhan dan untuk menganalisis bagaimana aplikasi konsep pendidikan humanis Abdul Munir Mulkhan dalam pendidikan agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan konsep pendidikan humanis dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library reseach) dalam artian bahwa data-data yang mendukung penelitian ini berasal dari sumber pustaka baik berupa buku, ensiklopedia, jurnal, majalah, surat kabar dan sebagainya. Dalam menghimpun data penulis mendapatkannya dari dua macam sumber, yaitu sumber primer dan sekunder. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yaitu penelitian yang menggambarkan apa yang menjadi pemikiran Abdul Munir Mulkhan tentang pendidikan humanis, lalu di tafsirkan, dan dianalisis berdasarkan metode penelitian. Data-data yang telah terhimpun kemudian dianalisis dengan metode analisis bahasa, metode komparatif, dan hermeneutik. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah pendekatan historis faktual-filosofis. Pendekatan historis dimaksudkan untuk mengaji dan mengungkap biografi Abdul Munir Mulkhan, karya-karyanya serta perkembangan corak pemikirannya dari kacamata kesejarahan juga dalam melihat pendidikan humanis Abdul Munir Mulkhan. Sedangkan pendekatan filosofis digunakan untuk menelaah dan memaknai secara mendalam untuk kemudian dikaitkan dengan pengaruh pendidikan agama Islam. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan humanis yang dibangun Abdul Munir Mulkhan tidak dapat di lepaskan dari pemikirannya mengenai hakikat manusia. Karenanya, pendidikan humanis oleh Abdul Munir Mulkhan dimaknai sebagai suatu sistem pemanusiawian manusia yang unik, mandiri dan kreatif. Hakikat pendidikan humanis menurut Abdul Munir Mulkhan mencakup tiga entitas, yakni: (1) Pendidikan sebagai proses peneguhan keunikan manusia. Maksudnya, kesadaran keunikan diri sebagai pengalaman otentik perlu ditempatkan sebagai akar pendidikan, pengembangan politik kebangsaan, dan kesalehan religius. Keunikan adalah basis pribadi kreatif dan kecerdasan setiap orang dengan kemampuan dan sikap hidup berbeda. (2) Pendidikan sebagai proses akumulasi pengalaman manusia. Maksudnya, proses pendidikan perlu ditempatkan sebagai media pengayaan (akumulasi) pengalaman. (3) Pendidikan sebagai proses penyadaran. Hakikat pendidikan menurut Mulkhan tidak lain sebagai proses penyadaran diri dari realitas universum. Penyadaran bukan awal sebuah dinamika kehidupan melainkan akar dari seluruh dinamika kehidupan yang terus aktual dan terpelihara. Sementara itu, aplikasi konsep pendidikan humanis Abdul Munir Mulkhan dalam pendidikan agama Islam menyentuh wilayah tujuan, kurikulum, evaluasi, metode, pendidik dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Usman, SS., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penididikan humanis, PAS, Pemikiran Abdul Munir Mulkhan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 17:32
Last Modified: 01 Aug 2017 07:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/926

Actions (login required)

View Item View Item