NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL ANAK SEJUTA BINTANG KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN RELEVANSINYA PADA ANAK SD/MI

SRI SUDARTI, NIM. 08480074 (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL ANAK SEJUTA BINTANG KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN RELEVANSINYA PADA ANAK SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL ANAK SEJUTA BINTANG KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN RELEVANSINYA PADA ANAK SD/MI )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL ANAK SEJUTA BINTANG KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN RELEVANSINYA PADA ANAK SD/MI )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SRI SUDARTI, Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Novel Anak Sejuta Bintang Dan Relevansinya Pada Anak Tingkat SD/MI. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2013. Penelitian ini didasari atas pentingnya sastra, sastra tidak hanya sebatas sebagai media hiburan saja akan tetapi juga bisa menjadi media pendidikan. Sebagai contoh karya sastra adalah novel. Novel merupakan salah satu bentuk karya sastra yang menyuguhkan tokoh-tokoh dan menampilkan serangkaian peristiwa. Novel mempunyai hubungan dengan pendidikan, seperti dalam novel Anak Sejuta Bintang. Novel ini merupakan novel edukasi yang bisa diambil pembelajarannya mengenai akhlak. Mengingat betapa pentingnya akhlak, maka yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) apa saja nilainilai pendidikan akhlak dalam novel Anak Sejuta Bintang? 2) apa saja metodemetode pendidikan akhlak dalam novel Anak Sejuta Bintang? 3) bagaimana relevansi penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Anak Sejuta Bintang pada tingkat anak SD/MI? Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, artinya data yang dianalisis berbentuk dekripsi dan tidak angka-angka. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pragmatis. Analisis data dengan analisis semiotika. Hasil penelitian menunjukkan, dalam novel Anak Sejuta Bintang terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak yang meliputi: akhlak kepada Allah (beribadah kepada Allah, berdzikir/mengingat Allah, ikhlas, tawakal, berdoa kepada Allah; akhlak kepada diri sendiri (jujur, amanah, ikhtiar dan pantang menyerah, sabar, pemaaf, malu, syajaah/berani, hemat, tanggung jawab, tawadhuk); akhlak kepada orang lain (bersifat kasih sayang, memuliakan tamu, tolong menolong dan membahagiakan orang lain). Metode yang terdapat pada novel Anak Sejuta Bintang adalah: metode keteladanan, metode nasihat, metode pembiasaan, metode cerita, metode dialog/tanya jawab, metode rewards and punishment, metode mengobarkan semangat, metode pemberian contoh/perumpamaan. Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak pada pembelajaran anak SD/MI adalah bahwa dalam novel tersebut memberikan konsep-konsep mengenai cerita berhikmah yang bisa diambil pelajaran oleh para pendidik mulai dari metode, materi, serta media pendidikan yang dapat diaplikasikan oleh pendidik sesuai dengan usia tingkat SD/MI. Kata Kunci: Nilai Pendidikan, Pendidikan Akhlak, Novel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Sep 2013 15:15
Last Modified: 31 Jan 2017 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9261

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum