RELEVANSI KONSEP PEDAGOGIK IBNU KHALDUN TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Perspektif Metodologis)

MUH. NOR HADI - NIM. 03420297, (2008) RELEVANSI KONSEP PEDAGOGIK IBNU KHALDUN TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Perspektif Metodologis). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI KONSEP PEDAGOGIK IBNU KHALDUN TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Perspektif Metodologis))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI KONSEP PEDAGOGIK IBNU KHALDUN TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Perspektif Metodologis))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengungkap teori-teori belajar (pedagogic) Ibnu Khaldun sebagai Ilmuwan muslim peletak dasar pertama teori sosiologi. Teori-teori pedagogik Ibnu Khaldun tertuang dalam kitab Muqaddimah. Sebuah karya monumental yang terkenal hingga saat ini. Dari sinilah penulis akan menggali dan meneliti hal-hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran bahasa Arab. Jadi penelitian ini akan mengungkap bagaimanakah metode pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan teori belajar yang ditawarkan oleh Ibnu Khaldun selama ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan terhadap penelitian sebelumnya. Yang membedakan adalah pada penelitian ini fokusnya pada teori belajar yang dicari relevansinya terhadap pembelajaran bahasa Arab. Jadi disini dicari keterkaitan (relevansi) konsep antara pemikiran Ibnu Khaldun dengan teori pembelajaran sekarang ini khusunya metode pembelajaran bahasa Arab. Obyek dari penelitian ini adalah pemikiran Ibnu Khaldun tentang teori belajar. Karena pemikiran Ibnu Khaldun tentunya mempunyai relevansi dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Arab. Kemudian untuk meneliti tentang pemikiran Ibnu Khaldun adalah menggunakan pendekatan Historis. Karena pemikiran Ibnu Khaldun tidak terlepas dari historisitas perjalanan hidup beliau. Sedangkan untuk sumber data yang lain penulis menggunakan pendekatan filsafat epistemologi, dimana pendekatan ini digunakan untuk mecari celah yaitu data yang berhubungan dengan permasalahan kemudian dikaji secara mendalam dan sistematis. Metode yang digunakan adalah metode deskripsi analitis dan hermeneutik. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana relevansi pemikiran Ibnu Khaldun tentang teori pedagogik dalam pembelajaran bahasa Arab perspektif metodologis. Dimana salah satu ajarannya yang kita ketahui adalah teori fitrah. Ibnu Khaldun mengatakan bahwasanya manusia dilahirkan mempunyai potensi-potensi dasar yang bisa berkembang setelah menerima rangsangan dan pengaruh pendidikan yang diterimanya. Proses aktualisasi belajar itu diterangkan dengan menggukan konsep malakah sebagai sentral pemikiran pedagodiknya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Ibnu Khaldun umumnya didasarkan pada konsep Fitrah manusia. Metode-metode pun ditentukan oleh faktor internal dan eksternal peserta didik. Metode-metode yang relevan dengan pembelajaran bahasa Arab adalah metode Audio Lingual, Metode Humanis, Metode Pentahapan, Metode Pemisahan Materi, Metode Kasih Sayang. Hasil dari analisis pada penelitian ini disimpulkan bahwa metode pembelajaran bahasa Arab yang tepat menurut Ibnu Khaldun adalah yang dapat mencapai keahlian berbicara. Karena asumsi beliau tentang hakekat bahasa adalah ujaran. Jadi semua metode yang disebutkan diatas adalah pada dasarnya demi tercapainya malakah berbahasa Arab. Oleh karena itu metode Ibnu Khaldun mempunyai relevansi dengan metode pembelajaran bahasa Arab modern sekarang ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Asrori Saud, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pedagogik Ibnu Khaldun, Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 May 2012 04:24
Last Modified: 31 Mar 2017 07:00
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item View Item