PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SEMESTER I DI MTsN BANTUL KOTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007-2008

MUHAMMAD MASRURI - NIM. 02471194, (2008) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SEMESTER I DI MTsN BANTUL KOTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007-2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SEMESTER I DI MTsN BANTUL KOTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007-2008)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (732kB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SEMESTER I DI MTsN BANTUL KOTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007-2008)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)

Abstract

ABSTRAK Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII semester I di MTsN Bantul Kota Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Ajaran 2007-2008. Skripsi. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mengetahui bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII Semester I di MTsN Bantul Kota Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Ajaran 2007-2008. 2). Mengetahui bagaimana siswa kelas VIII Semester I MTsN Bantul Kota dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi mereka. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi non partisipan, interview, dan dokumentasi. Metode analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Yakni metode untuk menganalisis data yang bersifat non angka dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Yakni metode yang digunakan untuk menjelaskan sebuah data dalam bentuk ungkapan-ungkapan kalimat/uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN Bantul Kota sudah menggunakan berbagai metode yang bervariasi, hal ini dapat dilihat dari tujuan Pendidikan Agama Islam yaitu menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman siswa tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketaqwaannya, berbangsa dan bernegara, serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, kurikulum Pendidikan Agama Islam (Qur'an-Hadits, Aqidah-Akhlak, SKI, Bahasa Arab, Fiqh), metode pembelajaran yang variatif (metode ceramah, diskusi, penugasan dan praktek), pelaksanaan evaluasi yang variatif pula (tes tulis, tes lisan, tes perbuatan dan tes pengamatan). 2). Perpustakaan di MTsN Bantul Kota dimanfaatkan dari dua segi. Pertama, perpustakaan dimanfaatkan dari segi referensi. Guru Pendidikan Agama Islam di MTsN Bantul Kota dalam melaksanakan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan buku-buku paket yang ada di perpustakaan, dikarenakan hampir semua siswa di MTsN Bantul Kota belum mempunyai buku-buku paket yang ada di perpustakaan. Kedua, perpustakaan dimanfaatkan dari segi fisik. Selain di ruang kelas dalam melakukan proses pembelajaran para guru Pendidikan Agama Islam di MTsN Bantul Kota juga menggunakan ruangan perpustakaan sebagai sarana pembelajaran bagi siswa, hal ini secara tidak langsung dapat memotivasi siswa untuk membaca di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra Nurrahmah.
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 17:44
Last Modified: 15 Mar 2017 01:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/929

Actions (login required)

View Item View Item