PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GONDOWULUNG SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA

M. YUSUF - NIM. 02421056, (2008) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GONDOWULUNG SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GONDOWULUNG SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GONDOWULUNG SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)

Abstract

Dewasa ini, proses sekolah cenderung menekankan pengembangan siswa sebagai individu, bukan secara bersama sebagai suatu kelompok. Dalam persaingan untuk meraih prestasi cemerlang, sekolah sama sekali tidak menanamkan semangat kerjasama dan solidaritas sosial. Padahal pendekatan individu dalam dunia pendidikan perlu diimbangi dengan pendekatan yang berbasis kerjasama, kemampuan komunikasi dan negosiasi, dan kemampuan mengambil keputusan agar pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa benar-benar maksimal dan seimbang. Salah satu pendekatan dalam proses belajar mengajar yang berbasis kelompok adalah Cooperative Learning. Metode ini lah yang penyusun terapkan kepada obyek penelitian dengan harapan mampu membantu siswa dalam mencapai empat kemampuan dalam bahasa Arab, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan tingkat perkembangan hasil belajar materi bahasa Arab siswa kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran bahasa Arab) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok siswa yang tidak menggunakan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran bahasa Arab) pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Gondowulung Sewon, Bantul, Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC (34 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIIIA (33 siswa) sebagai kelompok kontrol. Sampel yang mewakili seluruh siswa kelas VIII tahun pelajaran 2007/ 2008, dengan jumlah 163 siswa (populasi) diambil melalui teknik cluster samples. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode tes. Dan dalam rangka menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas melalui uji validitas isi dan teknik double test doeble trial method yang kemudian ditutup dengan analisis statistik uji t untuk menganalisis data tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan terhadap pencapaian tingkat perkembangan hasil belajar materi bahasa Arab antara siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok kontrol. Hal ini terbukti dari perolehan skor rerata post-test kedua kelompok yang tidak jauh berbeda, yaitu 5,9265 untuk kelompok eksperimen dan 5,7121 untuk kelompok kontrol. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Cooperative Learning tidak dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar materi bahasa Arab pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Gondowulung Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning, Pembelajaran bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 May 2012 03:09
Last Modified: 31 Mar 2017 06:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/935

Actions (login required)

View Item View Item