KONSEP HUMANISME RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Atas Pemikiran Abdurrahman Mas'ud dalam Buku Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik)

M. IMAM SYARIFUDDIN - NIM. 02411434, (2008) KONSEP HUMANISME RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Atas Pemikiran Abdurrahman Mas'ud dalam Buku Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONSEP HUMANISME RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Atas Pemikiran Abdurrahman Mas’ud dalam Buku Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP HUMANISME RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Atas Pemikiran Abdurrahman Mas’ud dalam Buku Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)

Abstract

ABSTRAK M. IMAM SYARIFUDDIN. Konsep Humanisme Religius Dalam Pendidikan Islam (Telaah Atas Pemikiran Abdurrahman Mas'ud dalam Buku Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik) Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep humanisme religius dalam pendidikan Islam menurut Abdurrahman Mas'ud yang terdapat dalam buku menggagas format pendidikan nondikotomik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research), pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah pendekatan filosofis. Sedangkan pengumpulan data didasarkan pada data primer dan data sekunder. Adapun data primernya adalah buku berjudul; Menggagas Pendidikan Nondikotomik, Humanisme Religius sebagai Paradigma Pendidikan Islam, karya; Abdurrahman Mas'ud yang diterbitkan oleh penerbit Gama Media Yogyakarta tahun 2002. sementara analisis data dengab metode deskriptif dengan tehnik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Menurut teori humanisme yang pada mulanya berkembang dalam tradisi Yunani kuno menganggap bahwa, filsafat humanisme mempunyai beberapa pandangan hidup yang berpusat pada kebutuhan dan ketertarikan manusia Humanisme sebagai paradigma pikiran yang memperjuangkan dihormatinya manusia dengan harkat dan martabatnya serta penempatan manusia sebagai sentral perjuangan pembudayaan dan peradapan, dalam sejarah pemikiran harus diletakan dalam evolusi pemikiran. Artinya, humanisme merupakan tahap dimulainya paradigma pusat manusia setelah beranjak dalam tahap evolusi kosmosentris. Setelah itu penghayatan hidup dan paradigma pikirannya dengan memusatkan diri pada yang Ilahi atau teosentris pada abad pertengahan. Ketika kesadaran budi manusia semakin menyadari posisi sentralnya di pusat jagad raya ini, maka ditemukan kembali dirinya yang mampu merangkum pengalaman dan kreatif menemukan ilmu dan teknologi. Inilah tahap antroposentris yaitu sebuah paradigma yang menitik-tolakkan pemikiran, pengembangan ilmu dan peradapan pada manusia sebagai pusatnya. (2) Secara konseptual paradigma humanisme religius, dalam kerangka aplikasi dan implikasi, penyusun menawarkan empat komponen inti, yaitu: aspek guru, aspek siswa, aspek materi dan aspek evaluasi. Dari keempat stakeholder pendidikan itu, diharapakan ada komunikasi dan interaksi yang saling melengkapi antara komponen satu dengan komponen yang lain. Pertama kali dilakukan adalah melakukan gerakan penyadaran terhadap guru dan siswa yang notabene-nya adalah subyek atau pelaku pendidikan terkait dengan fungsi, peran dan tanggung jawabnya. Sementara materi ibarat ruh pendidikan untuk merubah daya nalar (kognitif), afektif dan psikomotorik-nya. Sedangkan aspek evaluasi adalah sistem penilaian yang sifatnya berkelanjutan. Sehingga kerangka konseptual pendidikan humanis religius dapat diterjemahkan dalam bentuk yang nyata dalam praktik di dunia pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Humanisme religius, Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 May 2012 04:02
Last Modified: 01 Aug 2017 07:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item View Item