PENGORGANISASIAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KURIKULUM AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB (ISMUBA) : Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Downloads

Downloads per month over past year

LUSILAWATI - NIM. 02421190, (2008) PENGORGANISASIAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KURIKULUM AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB (ISMUBA) : Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENGORGANISASIAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KURIKULUM AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB (ISMUBA) Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1418Kb)
[img] Text (PENGORGANISASIAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KURIKULUM AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB (ISMUBA) Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (726Kb)

Abstract

ABSTRAK b LUSILAWATI. /b quot;Pengorganisasian Materi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta quot;. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha guru dalam pengorganisasian materi pembelajaran bahasa Arab pada kurikulum Al-islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) Studi kasus di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta dan hambatan apa yang dialami guru dalam pengorganisasian materi pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Dan dilihat dari segi tempat merupakan penelitian lapangan (Field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan (observasi), wawancara (interview) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kurikulum Al-islam kemuhamamadiyahan dan bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta tidak dilaksanakan secara utuh, ini terlihat dari tidak adanya kurikulum tersebut secara tertulis. Sedangkan materi pembelajaran bahasa Arab disusun oleh yayasan Muhammadiyah dalam bentuk buku paket yang berjudul quot;Pendidikan Bahasa Arab quot; sebagai acuan guru dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta. 2) Materi pembelajaran bahasa Arab sudah dibentuk berdasarkan program tahunan yang langsung disusun oleh yayasan Muhammadiyah. Sedangkan program semester dan program atau kegiatan harian yang disesuaikan dengan kompetensi dasar dan standar kompetensi merupakan hasil usaha guru dalam pengorganisasian materi pembelajaran bahasa Arab dengan cara memilih dan mengurutkan materi pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan dalam memilih dan mengurutkan materi pembelajaran bahasa Arab guru SMP Muhammadiyah 4 yogyakarta hanya mengikuti bab perbab dalam buku paket tersebut tanpa berusaha memilih dan mengurutkan materi pembelajaran bahasa Arab yang ada. 3) Hambatan yang dialami guru dalam pengorganisasian materi pembelajaran bahasa Arab, diantaranya: Dalam memilih dan mengurutkan materi pembelajaran bahasa Arab untuk program semester dan program harian, kurangnya kreativitas guru dalam menyampaikan materi pembelajaran bahasa Arab, sumber pembelajaran bahasa Arab minin, sarana dan prasarana serta alokasi waktu yang tidak mencukupi untuk pembelajaran bahasa Arab. Dan itu menjadikan siswa malas untuk mempelajari bahasa Arab sehingga pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 4 yogyakarta tidak maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Radjasa Mu'tasim, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengorganisasian, Pembelajaran bahasa Arab, ISMUBA.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 06 May 2012 03:52
Last Modified: 06 May 2012 03:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item