METODOLOGI TAFSIR SOSIAL (Studi Kritis atas Metodologi tafsir M. Dawam Rahardjo)

HAYATUL ISLAMI - NIM. 02531105, (2008) METODOLOGI TAFSIR SOSIAL (Studi Kritis atas Metodologi tafsir M. Dawam Rahardjo). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al-Qur'an secara normatif, diyakini oleh Umat Islam berfungsi sebagai petunjuk, untuk kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat. Untuk tujuan itu, di satu sisi, isi kandungan Al-Qur'an harus dapat diserap dan dipahami maknanya oleh umat Islam khususnya, dan manusia secara umum. Namun pada sisi lain, untuk dapat menyerap dan mengamalkan isi kandungan al-Qur'an maka diperlukan sebuah perangkat keilmuan yang disebut tafsir al-Qur'an. Namun sekali lagi, tafsir al-Qur'an masih memerlukan metode-metode tertentu untuk menganalisis, serta menjelaskan makna kandungan al-Qur'an secara mendalam. Metode-metode tafsir ini selalu berkembang sejak zaman Rasul hingga saat ini, akan tetapi sebagian ulama menilai, bahwa dengan metode-metode yang ada, kelihatannya kurang mampu merespon, serta memberikan solusi permasalahan-permasalahan umat dewasa ini. br br Berangkat dari kurangnya respon tafsir dengan metode-metode yang telah ada, dalam merespon permasalahan umat dewasa ini, M. Dawam Rahardjo menggagas metode quot;baru quot; untuk memahami al-Qur'an, agar pemahaman al-Qur'an mudah dicerna oleh khalayak umum, serta mampu memecahkan masalah-masalah kontemporer. Metode yang diusung Dawam ini, pada dasarnya bukanlah sesuatu yang baru, namun metode ini berusaha menjelaskan kandungan al-Qur'an secara sederhana agar mudah dipahami. Dawam merumuskan beberapa metode tafsir al-Qur'an, diantaranya yang paling urgen adalah memahami al-Fatihah sebagai esensi al-Qur'an, atau dalam bahasanya, Dawam menyebutnya dengan al-Fatihah sebagai al-Qur'an i in a nutshell /i . Selain itu mendaftar istilah-istilah kunci dalam al-Qur'an, dengan memahaminya dalam kaidah bahasa, dan mengkontekskan dalam dinamika sejarah, juga menjadi fokus tafsirnya. br br Penelitian ini hendak mengangkat beberapa persoalan, yakni i pertama /i , apa saja metode tafsir yang ditawarkan Dawam dan i kedua /i , apa kontribusi dari metode-metode itu dalam memecahkan masalah umat dewasa ini. Sebagai penelitian pustaka, kajian ini mengandalkan bahan-bahan pustaka sebagai sumber analisisnya, baik karya M. Dawam Rahardjo sendiri maupun sumber-sumber yang memiliki keterkaitan dan relevansi dengan kajian ini, dengan menggunakan analisis-deskriptif. br br Melalui metode-metode tafsir yang ditawarkannya, Dawam memperlihatkan bahwa secara sederhana, metode ini mampu menghasilkan penafsiran dan pemahaman yang mampu menjawab permasalahan-permasalahan kontemporer saat ini. Selain itu, metode yang ditawarkan Dawam ini mencerminkan bahwa memang al-Qur'an sesuai pada setiap tempat dan waktu, disamping juga menggambarkan, betapa luas dan kayanya makna dari wahyu Tuhan ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing I : /b Drs. Yusron, M.A. ; b Pembimbing II : /b Hidayat Noor, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metodologi, Tafsir Sosial, Studi Kritis
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item View Item