STUDI TERHADAP TUJUAN MEMBACA AL-QURAN MASYARAKAT DUSUN SUKOREJO DESA KENTENG KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH

USWATUN HASANAH - NIM. 02531037, (2008) STUDI TERHADAP TUJUAN MEMBACA AL-QURAN MASYARAKAT DUSUN SUKOREJO DESA KENTENG KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI TERHADAP TUJUAN MEMBACA AL-QURAN MASYARAKAT DUSUN SUKOREJO DESA KENTENG KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH)
BAB I, BAB IV, DP.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI TERHADAP TUJUAN MEMBACA AL-QURAN MASYARAKAT DUSUN SUKOREJO DESA KENTENG KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menyampaikan bahwa banyak cara yang di tempuh para pakar al-Qur'an untuk menyajikan kandungan dan pesan-pesan firman Allah dalam memahami makna al-Qur'an secara langsung atau tidak langsung. Hal ini di sebabkan karena dalam realitanya, fenomena masyarakat Dusun Sukorejo Desa Kenteng Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Jawa Tengah dalam menggunakan ayat al-Qur'an untuk hal hal yang pragmatis, misalnya untuk jimat, mahabbah, bahkan mengadakan ritual ritual dengan ayat al-Qur'an dengan ritual yang disakralkan. Sehingga fungsi pokok al-Qur'an sebagai Nur terkesampingkan. Adapun model membacanya, yang jelas kehadiran al-Qur'an telah melahirkan berbagai bentuk respon dan peradaban bagi Umat Islam. Kajian yang lebih menekankan pada aspek respon masyarakat terhadap kehadiran al-Qur'an di tengah tengah kehidupan mereka disebut dengan Living Qur'an (al-Quran in everyday life) kajian yang bermula pada makna dan fungsi al-Qur'an yang riil dan dialami masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan lokasi Dusun Sukorejo Desa Kenteng Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Dari metode pengumpulan data yang digunakan di peroleh data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan fenomena membaca al-Qur'an diterima masyarakat Dusun Sukorejo Desa Kenteng Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Jawa Tengah dalam kehidupan sehari hari cara merespon dan dalam pengapresiasiannya beragam, diantaranya: pembacaan al-Qur'an sebagai ritual ibadah, membaca al-Qur'an sebagai seni kaligrafi, ada juga yang menggunakan al-Qur'an sebagai media pengobatan, sebagai petunjuk hidup, ada yang menjadikan ayat-ayat al-Qur'an sebagai wirid dan ada juga karena alasan kecintaan terhadap firman Allah. Sedangkan tujuan-tujuan tertentu pada warga masyarakat di dusun Sukorejo dalam melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan membaca al-Qur'an diantaranya adalah dengan membaca al-Qur'an mereka ingin mendapatkan pahala, memperoleh ketenangan hati, sebagai psikoterapi untuk penyembuhan penyakit jasmani. Ada juga yang di gunakan untuk mengusir setan dan mendapatkan keselamatan. br br

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I : H. Fauzan Naif, MA.; Pembimbing II : M. Hidayat Noor, M.A
Uncontrolled Keywords: Tujuan, Membaca Al-Qur'an, Masyarakat
Subjects: Tafsir Hadist
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 May 2012 03:41
Last Modified: 18 Oct 2016 05:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item View Item