al Musnad ilayh fi al lughatayn al 'arabiyyah wa al indonesiyyah (dirasah tahliliyah taqabiliyah)

KHASNATUL FADILAH, NIM. 04111971 (2009) al Musnad ilayh fi al lughatayn al 'arabiyyah wa al indonesiyyah (dirasah tahliliyah taqabiliyah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB 1, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)

Abstract

Bahasa merupakan sistem lambang yang arbiter، yang digunakan oleh suatu masyarakat untuk bekerja sama، berinteraksi dan mengidentifikasikan diri. Akan tetapi dalam kenyataannya bahasa yang ada di dunia bermacam-macam، seperti bahasa Arab، Indonesia، Inggris، dan lain-lain. Keberagaman ini akhirnya memunculkan permasalahan tersendiri، karena masing-masing bahasa memiliki kaidah-kaidah yang berbeda pula. Seseorang yang belajar bahasa asing akan menemukan perbedaan-perbedaan yang dimiliki masing-masing bahasa، seperti dalam contoh berikut : 1. Bacalah buku ini ! اقرأ هذا الكتاب! . 2 Dalam klausa (1) terdiri dari konstituen yaitu "bacalah"، "buku"، dan 'ini"، yang maisng-masing memilki fungsi yang berbeda-beda، "bacalah" berfungsi sebagai predikat (P)، sedangkan "buku ini" berfungsi sebagai sujek (S)، begitu juga dengan klausa (2) terdiri dari tiga konstituen yaitu اقرأ yang berfungsi sebagai predikat (P)، هذا الكتاب berfungsi sebagai objek (O). Fungsi frasa "buku ini" dan fungsi frasa هذا الكتاب berbeda، meskipun keduanya memiliki peran yang sama (makna yang sama) yaitu sebagai obyek، tetapi frasa "buku ini" berfungsi subjek (S)، sedangkan frasa هذا الكتاب berfungsi sebagai objek (O). Perbedaan-perbedaan yang dimiliki masing-masing bahasa menjadi menarik untuk diteliti mengingat pengajaran bahasa asing sedang sangat popular، termasuk bahasa Arab، sehingga diharapkan dengan adanya penelitian mengenai perbedaan masing-masing bahasa dapat meningkatkan hasil pengajaran bahasa asing atau bahasa kedua. Dalam penelitian ini objek yang akan peneliti bahas adalah tentang perbedaan subjek (S) dalam klausa atau kalimat tunggal baik dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia dari segi kategori، fungsi، dan peran subjek dalam klausa. Adapun pendekatan yang akan penulis gunakan adalah pendekatan kontrastif antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia، begitu juga dengan menggunakan teori semantik untuk mengetahui peran kata atau frasa yang mengisi fungsi subjek، dan teori sintaksis untuk mengetahui kategori dan fungsi kata yang mengisi fungsi subjek. Adapun untuk mendapatkan data secara kualitatif penulis menggunakan data literatur baik yang primer maupun sekunder yang mengkaji tentang masalah tersebut. Setelah melakukan penelitian dapat diketahui bahwa dalam bahasa Arab kategori subjek dapat dibagi menjadi tiga yaitu mubtada'، fa'il، dan na'ibul fa'il، sedangkan dalam bahasa Indonesia kategori subjek tidak terbagi، sedangkan fungsi subjek dalam bahasa Arab ada yang bukan berupa kata melainkan klitika، fungsi subjek ada yang tidak ditampilkan dalam kalimat، dan dalam bahasa Indonesia fungsi subjek ada yang berupa verb(kata kerja) yang dikonvesikan dan ini tidak ada dalam bahasa Arab، sedangkan perbedaan peran (makna) antara kedua bahasa ini adalah apabila predikat dalam klausa baik dalam bahasa Arab ي maupun Indonesia berupa nominal yang memiliki arti sifat، maka subjeknya memilki makna pengenal (dalam bahasa Arab)، sedangkan dalam bahasa Indonesia bermakna pengalaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: al Musnad ilayh
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Aug 2015 09:04
Last Modified: 20 Aug 2015 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9424

Actions (login required)

View Item View Item