PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA PUSAT PENGAJARAN BAHASA ARAB TARUNA AL QUR'AN YOGYAKARTA,

FITRIA ARIYANTO, NIM. 98423971 (2003) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA PUSAT PENGAJARAN BAHASA ARAB TARUNA AL QUR'AN YOGYAKARTA,. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA PUSAT PENGAJARAN BAHASA ARAB TARUNA AL QUR'AN YOGYAKARTA,)
BAB I. IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA PUSAT PENGAJARAN BAHASA ARAB TARUNA AL QUR'AN YOGYAKARTA,)
BAB II. III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bahasa Arab adalah bahasa Al Qur’an, bahasa peradaban dan bahasa pemersatu kaum muslimn. Sejak runtuhnya Orde Baru yang membawa iklim kebebasan atau demokrasi yang semakin baik, tetapi di sisi lain semakin porakporanda tatanan kehidupan bangsa dan Negara karena ditimpa krisis multidimensi. Hal tersebut membuka kesadaran ummat Islam terutama generasi muda Muslim untuk lebih mendalami, menghayati dan mendakwahkan ajaran-ajaran Islam sebagai solusi jalan keluar dari krisis tersebut, dengan cara mempelajari bahasa Arab sebagai konsekuensi mendalami ajaran-ajaran Islam. Salah satu contoh tempat kursus atau ma’had adalah Pusat Pengajaran bahasa Arab Taruna Al Qur’an di Yogyakarta. Adapun maksud dari pembelajaran Bahasa Arab ini adalah mengkaji seputar pembelajaran bahasa Arab yang didasarkan kepada teori atau konsep belajar humanistic. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif deskriptif. Adapun pengumpulan data dlam penelitian ini adalah dengan observasi, dokumentasi, angket dan wawancara dengan jumlah subyek 60 orang. Dalam menganalisa data, penulis mengolah dan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan metode diskriptif analisis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: 1) kegiatan belajar-mengajar pada pusat Pengajaran Bahasa Arab Taruna Al Qur’an Yogyakarta sesuai atau memenuhi criteria konsep belajar Psikologi Humanistiknm karena: pengembangan kemampuan berbahasa Arab dengan aktif maupun pasif dan adanya perhatian pengembangan kepribadian yang Islami; metode yang digunakan adalah metode eklekted dengan pendekatan komunikatif, dosen mampu berperan sebagai fasilitaor dan berperilaku sebagai guru yang baik dan efektif, mahasiswa dalam belajar Bahasa Arab dengan inisiatif sendiri, merasa aman dan senang, adanya kebebasan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dan mengaktualisasikan diri dalam masyarakat. 2) Perwujudan perilaku belajar mahasiswa pada pusat Pengajaran Bahasa Arab Taruna Al Qur’an dinilai baik dan berhasil menurut Psikologi Humanistik, karena: adanya kesesuaian antara tujuan dan hasil yang dicapai, Memenuhi criteria konsep belajar bahasa aliran humanistic yaitu adanya pengembangan kemampuan berbahasa (baik aktif maupun pasif) serta pengembangan terhadap kepribadian mahasiswa, sesuai dengan orientasi Humanistik Toe-Anthropo-Sentries yaitu pengembangan potensi manusia yang ber- Tuhan Yang Maha Esa. Key word: Pembelajaran Bahasa Arab, Bahasa Arab, Taruna AL Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 Nov 2013 11:59
Last Modified: 30 Mar 2017 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9484

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum