PENERAPAN AURAL-ORAL APPROACH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS I MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) BOYOLALI 2

GUNAWAN, NIM. 97423568 (2003) PENERAPAN AURAL-ORAL APPROACH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS I MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) BOYOLALI 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN AURAL-ORAL APPROACH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS I MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) BOYOLALI 2)
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN AURAL-ORAL APPROACH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS I MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) BOYOLALI 2)
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Adanya penekanan penggunaan Aural-Oral Approach dalam pengajaran bahasa Arab sebagaimana tercantum dalam GBPP Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Aliyah, maka perlu adanya sebuah pengamatan baik dari segi proses pengajaran maupun penilaian dalam keberhasilan pengajaran bahasa Arab yang ada di sekolah-sekolah formal. Adapun tujuan dalam penelitian yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan, tingkat keberhasilan dan kesulitan yang dihadapi dalam pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Aural- Oral Approach di MAN Boyolali 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data kualitatif dan kuantitatif, subyeknya adalah: kepala sekolah, guru bidang studi bahasa Arab, karyawan atau yang dianggap relevan serta siswa kelas I MAN Boyolali 2, dengan menggunakan teknik sampel. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Setelah mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data, sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pelaksanaan pengajaran bahasa Arab dengan metode Aural-Oral Approch di MAN Boyolali 2 dikatakan berjalan sebagaimana digariskan dalam konsep Aural Oral Approach, tetapi belum berjalan secara optimal dari segi komponen belajar serta segi pelaksanaannya. (2) kesulitan yang utama dalam pengajaran bahasa Arab dengan Aural-Oral Approach di MAN 2 Boyolali 2 adalah faktor latar belakang pendidikan siswa, yaitu dari MTs dan SMP. Solusinya adalah memberikan jam-jam di luar jam pelajaran, serta les qiraah Al Qur’an. Selain itu juga kurang terpenuhinya buku-buku yang diwajibkan bagi siswa. (3) Pelaksanaan pengajaran bahasa Arab dengan metode Aural-Oral Approach di kelas I MAN Boyolali 2 dapat digolongka berhasil dengan nilai hasil tes khusus rata-rata 8,5. Meskipun demikian masih ada kesulitan atau kendala yang ditemui, misalnya kurang terpenuhinya media pengajaran yaitu tidak adanya kaset-kaset rekaman pelajaran. Key word: bahasa Arab, metode Aura-Oral Approach, pengajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 Nov 2013 12:01
Last Modified: 30 Mar 2017 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9485

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum