DIAGNOSA KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS I SEMESTER I SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KLATEN, TARBIYAH

HANIK MUQIMATUN HANIFAH, NIM. 98433981 (2003) DIAGNOSA KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS I SEMESTER I SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KLATEN, TARBIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DIAGNOSA KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS I SEMESTER I SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KLATEN, TARBIYAH)
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (DIAGNOSA KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS I SEMESTER I SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KLATEN, TARBIYAH)
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Prestasi belajar matematika siswa di Indonesia pada umumnya masih jauh dari yang diharapkan, hal ini dapat dilihat dari hasil Ebtanas dan juga ujian catur wulan. Nilai yang dicapai siswa untuk mata pelajaran matematika tergolong rendah dari pada mata pelajaran yang lain, sehingga menimbulkan anggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang paling sulit, akibatnya matematika adalah pelajaran yang ditakuti oleh siswa. Mengingat siswa sebagai salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pendidikan matematika, perlu disampaikan tentang kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Dengan demikian tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar kesalahan yang dilakukan dan jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas I MAN Klaten tahun ajaran 2002/2003 dalam menyelesaikan soal matematika kelas I semester I ditinjau dari aspek penguasaan materi pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara classter sampling, yaitu sebanyak 170 siswa, dan satu kelas sebagai uji validitas instrumen. Sedangkan hasil analisa yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: banyak terjadi kesalahan yang dilakukan siswa kelas I MAN Klaten tahun pelajaran 2002/2003 dalam menyelesaikan soal matematika kelas I semester I dalam pokok bahasan: Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat, Akar Persamaan Kuadrat, dan Trigonometri. Faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan tersebut antara lain: (1) siswa kurang memahami konsep-konsep matematika pada pokok bahasan tersebut di atas. (2) siswa kurang mampu menerapkan atau mengaplikasikan rumus-rumus yang digunakan. (3) rendahnya daya komputasi siswa atau kurangnya ketrampilan siswa dalam hal penghitungan, yang ditunjukkan pada kurang teliti siswa dalam menghitung atau kesalahan dalam meletakkan dan mengoperasikan tanda-tanda operasi (positif/negatif) . Key word: matematika, soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 Nov 2013 12:03
Last Modified: 11 Jan 2016 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9486

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum