ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN UMUM SEMESTER MATA PELAJARAN KIMIA KELAS I SEMESTER I MAN GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2002/2003

LATIF MUTOHAR, NIM. 98454029 (2003) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN UMUM SEMESTER MATA PELAJARAN KIMIA KELAS I SEMESTER I MAN GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2002/2003. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN UMUM SEMESTER MATA PELAJARAN KIMIA KELAS I SEMESTER I MAN GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2002/2003)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (846kB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN UMUM SEMESTER MATA PELAJARAN KIMIA KELAS I SEMESTER I MAN GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2002/2003)
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

MAN Gandekan Bantul adalah salah satu MAN yang termasuk unggulan di Bantul, namum prestasi belajar kimia kelas I masih rendah, hal ini dapat dilihat dari nilai hasil ujian kimia semester satu tertinggi yang masih kurang dari lima. Penilaian sangat berperan dalam penentuan proses pembelajaran yang telah dilakukan, penilaian yang tidak tepat tidak bias memberikan gambaran tentang hasil dari pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui daya pembeda, derajat kesulitan, serta fungsi distraktor dalam butir-butir soal obyektif yang terdapat dalam soal ulangan umum semester mata pelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kuantitatif, dengan populasi doal ulangan umum semester I mata pelajaran kimia kelas I MAN Gandekan Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2002/2003. Berdasarkan hasil analisis butir soal dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Dari segi validitas butir soal obyektif yang telah memenuhi criteria validitas ada 24 butir, sedangkan untuk butir soal uraian ada 3 butir. 2) Dari segi reliabilitas, reliabilitas soal obyektif termasuk tidak baik, untuk soal uraian termasuk alat ukur yang tidak baik. 3) Dari segi daya pembeda butir soal obyektif yang telah memenuhi criteria daya pembeda cukup sejumlah 4 butir. 4) Dari segi taraf kesukaran, butir soal obyektif yang telah memenuhi criteria taraf kesukaran ada sejumlah 8 butir. 5) Dari sedi distribusi jawaban, butir soal obyektif yang telah memenuhi criteria distribusi jawaban ada sejumlah 25 butir. Jadi berdasarkan pada keempat criteria (validitas, daya pembeda, taraf kedukaran, dan fungsi distraktor), maka butir soal obyektif yang baik ada 1 butir, kurang baik sebanyak 8 butir, dan yang tidak baik sebanyak 20 butir. Dilihat dari relibilitasnya merupakan alat ukur yang tidak baik karena memiliki reliabilitas rendah. Sedangkan soal uraian termasuk alat ukur yang tidak baik ada 2 butir, karena butir soalnya memiliki validitas rendah dan reliablititasnya juga rendah, sedangkan butir soal yang kurang baik ada 3 butir, karena soalnya valid namun reliabilitasnya rendah, dan tidak ada butir soal yang baik karena reliabilitasnya rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Butir soal, kimia, analisis
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Dra. Irhamny
Date Deposited: 21 Nov 2013 13:02
Last Modified: 18 Feb 2016 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9554

Actions (login required)

View Item View Item