STUDI KORELASI PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH WONOYOSO KEBUMEN

MARWATI ENDRAYANI , NIM. 98423947 (2003) STUDI KORELASI PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH WONOYOSO KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH WONOYOSO KEBUMEN)
BAB I. IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH WONOYOSO KEBUMEN)
BAB II. III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dua sumber hukum Islam, yaitu al-Qur’an dan Hadits turun dan ditulis dengan Bahasa Arab. Bagi siapapun yang ingin memperdalam atau mempelajari agama Islam, penguasaan Bahasa Arab merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi. Tanpa penguasaan terhadap Bahasa Arab mustahil akan dapat memahami ajaran Islam dari sumbernya yang asli. Oleh karena itu Bahasa Arab menjadi salah satu pelajaran yang wajib diajarkan di madrasah, termasuk di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wonoyoso Kebumen. Skripsi ini mengkaji persoalan tentang apakah ada korelasi antara prestasi belajar Bahasa Arab terhadap prestasi belajar hadits siswa siswi di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wonoyoso Kebumen terutama siswa siwi Kelas II. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode test, observasi, interview, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa prestasi belajar Bahasa Arab pada siswa kelas II Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wonoyoso Kebumen mencapai taraf baik, dengan nilai rata-rata 66,8 atau 6,7. Prestasi siswa dalam bidang studi hadits pun dianggap baik dengan nilai rata-rata 6,9. Kedua, bahwa antara prestasi belajar Bahasa Arab dan Hadis pada siswa kelas II tahun ajaran 2002/2003 terdapat korelasi positif yang signifikan, artinya, tinggi rendahnyanilai prestasi belajar Bahasa Arab dan prestasi Hadits siswa kelas II Madrasah Tsanawiyah Salafiyah tahun 2002/2003 dipengaruhi oleh tinggi rendahnya prestasi belajar Bahasa Arab. Oleh karena itu hipotesis alternative diterima dan hipotesis nol ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Bahasa Arab, pendidikan Hadits
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 25 Nov 2013 08:58
Last Modified: 31 Mar 2017 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9564

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum