ANALISIS KOMPARASI TINGKAT PROFITABILITAS PRODUK PENYALURAN DANA ANTARA PT BANK SYARIAH MANDIRI DENGAN BMT AL FALAAH

ALI USMAN - NIM. 02391597, (2008) ANALISIS KOMPARASI TINGKAT PROFITABILITAS PRODUK PENYALURAN DANA ANTARA PT BANK SYARIAH MANDIRI DENGAN BMT AL FALAAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KOMPARASI TINGKAT PROFITABILITAS PRODUK PENYALURAN DANA ANTARA PT BANK SYARIAH MANDIRI DENGAN BMT AL FALAAH )
BAB I, BAB V, Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KOMPARASI TINGKAT PROFITABILITAS PRODUK PENYALURAN DANA ANTARA PT BANK SYARIAH MANDIRI DENGAN BMT AL FALAAH )
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)

Abstract

Lembaga keuangan syariah bukan sekedar lembaga keuangan yang bersifat sosial, namun lembaga keuangan syariah juga sebagai lembaga bisnis dalam rangka memperbaiki perekonomian umat. Sejalan dengan itu, maka dana yang dikumpulkan dari masyarakat harus disalurkan dalam bentuk penyaluran dana kepada masyarakat yang membutuhkan. Penyaluran dana sering digunakan untuk menunjukkan aktifitas utama lembaga keuangan syariah, sebab berhubungan dengan rencana serta anggaran memproyeksikan tingkat pendapatan tertentu. Dalam penelitian ini, istilah penyaluran dana disebutkan dengan istilahPembiayaan. Variabel pembiayaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel murabahah, musyarakah, dan mudharabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan tingkat profitabilitas pembiayaan murabahah, musyarakah, dan mudharabah antara PT Bank Syariah Mandiri dengan BMT Al Falaah. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa data laporan keuangan bulanan dari bulan April 2005 sampai bulan November 2006. Alat analisis statistik yang digunakan adalah Independent sample T-test. Independent sample T-test dimaksudkan untuk mengetahui apakah komparasi antara PT Bank Syariah Mandiri dengan BMT Al Falaah yang dilakukan pada masing-masing variabel penelitian dengan menggunakan uji T-test berbeda secara signifikan. Hasil uji hipotesisi menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan tingkat profitabilitas ketiga variabel yang diteliti yang terdiri dari pembiayaan murabahah, musyarakah, dan mudharabah antara PT Bank Syariah Mandiri dengan BMT Al Falaah selama periode bulan April 2005 sampai bulan November 2006.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Misnen Ardiansyah, SE., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Murabahah, Musyarakah, Mudharabah, dan Independent sample T-test.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 01 Jun 2012 14:13
Last Modified: 19 Aug 2016 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/960

Actions (login required)

View Item View Item