ANALISIS DISTRIBUSI ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN MUSTAHIK (Studi Komparasi Pada LAZIS Muhammadiyah Pimpinan Ranting Muhammadiyah Warungboto Yogyakarta)

ARDI SUCIPTO - NIM. 02391635, (2008) ANALISIS DISTRIBUSI ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN MUSTAHIK (Studi Komparasi Pada LAZIS Muhammadiyah Pimpinan Ranting Muhammadiyah Warungboto Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Salah satu Lembaga keuangan mikro syari'ah yang menjalankan program pengelolaan dana zakat untuk kegiatan usaha produktif ialah Lazis Muhammadiyah Pimpinan Ranting Muhammadiyah Warungboto Yogyakarta. Peran dalam pengelolaan zakat yang dilakukan oleh Lazis Muhammadiyah Warungboto tersebut, meliputi pengumpulan dana zakat dari muzaki dan menyalurkannya untuk kegiatan usaha produktif mustahik. Dana zakat produktif tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktifitas yang ditandai dengan meningkatnya pendapatan mustahik, sehingga kedepannya mustahik tersebut mandiri secara ekonomi. Dalam hal ini peneliti ingin meneliti sejauh mana peran dana zakat produktif yang disalurkan Lazis Muhammadiyah Warungboto terhadap peningkatan kesejahteraan mustahik yang ditandai dengan meningkatnya modal, pendapatan dan keuntungan usaha mustahik. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda data berpasangan (paried sample test). Pengujian beda dua rerata data berpasangan ini lebih tepat digunakan untuk pengujian 'before-after' atau lebih dikenal 'pretest-post test' dan uji non parametrik wilcoxon signed-ranks test. Adapun hasil dari penelitian yang dilakukan pada Lazis Muhammadiyah Warungboto yaitu Pada perhitungan nilai modal usaha mustahik dengan menggunakan paried sample test di dapat bahwa hasil perhitungan nilai t hitung lebih besar dari nilai t table yaitu nilai t hitung 19, 457 dan nilai t table 2, 160. Dan nilai signifikansi lebih kecil dari kecil dari 0, 05 dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara modal sebelum dan sesudah mendapatkan pinjaman modal dari dana zakat Lazis Muhammadiyah Warung boto. Pada perhitungan nilai pendapatan usaha mustahik dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test, diperoleh hasil perhitungan statistik Asymp. Sig. (2-tailed) menunjukkan nilai sebesar 0,000 dan lebih kecil dari tingkat kesalahan 0,05. Hasil tersebut menunjukkan penolakan terhadap Ho, dan penerimaan terhadap Ha. Kesimpulan yang diperoleh adalah terjadi peningkatan pendapatan dari usaha mustakhik, setelah diberikan tambahan modal dari dana zakat Lazis Muhammadiyah Warungboto dengan tingkat modal yang lebih tinggi. Pada perhitungan nilai keuntungan usaha mustahik dengan menggunakan paried sample test di dapat bahwa hasil perhitungan nilai t hitung lebih besar dari nilai t table yaitu nilai t hitung 7, 071dan nilai t table 2, 160. Dan nilai signifikansi lebih kecil dari kecil dari 0, 05 dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara modal sebelum dan sesudah mendapatkan pinjaman modal dari dana zakat Lazis Muhammadiyah Warung boto

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : H. Syafiq M. Hanafi, S.Ag, M.Ag., Joko Setyono, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Zakat, Pendapatan dan Keuntungan Mustahik
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/962

Actions (login required)

View Item View Item