TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM RUBRIK HIKMAH RAMADHAN DI HARIAN SURAT KABAR KEDAUYLATAN RAKYAT EDISI RAMADHAN SEPTEMBER 2009

FITRIA RETNO MARTANI, NIM. 05210030 (2013) TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM RUBRIK HIKMAH RAMADHAN DI HARIAN SURAT KABAR KEDAUYLATAN RAKYAT EDISI RAMADHAN SEPTEMBER 2009. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM RUBRIK HIKMAH RAMADHAN DI HARIAN SURAT KABAR KEDAUYLATAN RAKYAT EDISI RAMADHAN SEPTEMBER 2009)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51MB) | Preview
[img] Text (TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM RUBRIK HIKMAH RAMADHAN DI HARIAN SURAT KABAR KEDAUYLATAN RAKYAT EDISI RAMADHAN SEPTEMBER 2009)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan media massa saat ini menjadi kebangkitan bangsa pasca reformasi dalam membentuk masyarakat yang madani sebagai bangsa yang beradab dan memiliki jiwa tanggung jawab baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Media massa saat ini berperan besar dalam meningkatkan minat baca dalam masyarakat sekaligus memberikan informasi-informasi baru yang selalu terjadi dalam setiap detik, menit, bahkan milidetik. Dan untuk mengetahuinya tersebut dalam ha1 ini penulis memfokuskan dalam media massa cetak yaitu surat kabar atau Koran agar meningkatkan minat baca masyarakat yang selama ini sulit sekali ditingkatkan apalagi dibudayakan. Hal ini menjadi masalah besar dalam bangsa ini. Bukankah perintah Allab yang pertama kali datang kepada Baginda Nabi Muhammad SAW adalah iqro' yang artinya bacalah. Dari membaca itulah ada efek menjadi tahu dan fahamapa yang kita baca. Adapun surat kabar yang akan menjadi objek penelitian penulis nantinya adalah surat kabar kedaulatan rakyat di Jalan P. Mangkubumi 40-42 Yogyakarta. Apalagi melihat banyaknya media cetak yang sedang berkembang menambah variasi untuk pembaca sesuai seleranya masing-masing dan tentunya dari berbagai pihak yang memiliki media cetak tersebut ada yang mempunyai inisiatif untuk mengembangkan dakwah Islam dengan membuat misalnya saja, buletin tiap jum'atnya atau memberi ruang khusus untuk kolom yang bernuansa dakwah dalam surat kabar. Dari situlah penulis tertarik dengan adanya beberapa media massa yang masih ingin mengembangkan nilai-nilai dakwab selama ini, dari situ penulis tertarik untuk membuat judul skripsi ini dengan judul "teknik komunikasi persuasif dalam rubrik hikmah ramadhan" dengan menggunakan lima teknik yang dikemukakan oleh Drs. Sunaryo dalam buku Psikologi Dakwah yaitu Cognitive Dissonance, Pay off and fear hearing, emphaty, packing, dan asosiasi. Fokus dalam penelitian ini nantinya adalah mengumpulkan kalimat-kalimat dari 18 rubrik yang penulis pilih yang mengandung kelima teknik tersebut, rubrik ini juga menjadi obyek penelitian dalam skripsi ini. Adapun alasan penulis mengambil judul tersebut adalab untuk melihat bagaimana penerapan kelima teknik itu dalam surat kabar kedaulatan rakyat, sekaligus mengambil nasihatnasihat agama yang disampaikan pembaca dalam memantapkan ketakwaannya kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Musthofa, S.Ag., M.Si.
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Nov 2013 14:30
Last Modified: 16 Oct 2015 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9621

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum