PEMBERDAYAAN REMAJA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI YAYASAN KAMPUNG HALAMAN YOGYAKARTA

NOFI ZANIFAH, NIM. 09250014 (2013) PEMBERDAYAAN REMAJA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI YAYASAN KAMPUNG HALAMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN REMAJA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI YAYASAN KAMPUNG HALAMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN REMAJA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI YAYASAN KAMPUNG HALAMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertemakan pemberdayaan. Penelitian dilakukan di Yayasan Kampung Halaman Dusun Krapyak No 18 Rt. 05 Rw. 55, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta yang melakukan pemberdayaan terhadap remaja. Penulis mengkaji konsep pemberdayaan yang dilakukan oleh Yayasan Kampung Halaman terhadap remaja serta implementasinya. Penelitian ini didapat dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penulis mengumpulkan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti memperoleh data dari wawancara dengan Program Manager, Direktur, dan beberapa staff dari Yayasan Kampung Halaman serta observasi langsung proses pemberdayaannya. Temuan penelitian di lapangan menghasilkan bahwa pemberdayaan menurut Yayasan Kampung Halaman adalah suatu proses dimana remaja dilatih agar mampu menyuarakan pendapat, ide atau gagasan-gagasannya agar mereka mempunyai kedudukan yang sama di komunitasnya, dengan cara mengajak para remaja untuk mengembangkan referensi, melihat dunia secara lebih luas, dan membuka wawasan mereka untuk melihat permasalahan yang terjadi di komunitasnya masing-masing. Untuk tahapan pemberdayaan yang dilakukan meliputi: seleksi lokasi/wilayah, sosialisasi pemberdayaan, proses pemberdayaan (identifikasi, perencanaan, implementasi, dan evaluasi) serta pemandirian masyarakat. Beberapa faktor pendukung dari proses pemberdayaan adalah: fasilitator sesuai dengan basic keilmuan, antusiasme remaja, harapan untuk memberdayakan remaja, serta dukungan masyarakat. Adapun yang menjadi penghambat adalah: koordinasi, remaja malu bersuara di depan umum serta akses wilayah. Upaya pemecahan faktor penghambat: salah satu remaja jadi koordinator, fasilitator melatih kepercayaan diri remaja serta membuat media centre. Kata Kunci : Pengertian pemberdayaan, Tahapan Pemberdayaan, Perubahan Remaja, Faktor Pendukung dan Penghambat serta upaya pemecahannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Muhammad Izzul Haq, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pengertian pemberdayaan, Tahapan Pemberdayaan, Perubahan Remaja, Faktor Pendukung dan Penghambat serta upaya pemecahannya.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Nov 2013 08:40
Last Modified: 21 Oct 2015 01:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9635

Actions (login required)

View Item View Item