CARA BELAJAR CEPAT DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Telaah terhadap “ACCELERATED LEARNING FOR THE 21ST CENTURY CARA BELAJAR CEPAT ABAD XXI” KARYA COLIN ROSE DAN MALCOLM J. NICHOLL),

IDA FITRIANDARI, NIM. 97473598 (2003) CARA BELAJAR CEPAT DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Telaah terhadap “ACCELERATED LEARNING FOR THE 21ST CENTURY CARA BELAJAR CEPAT ABAD XXI” KARYA COLIN ROSE DAN MALCOLM J. NICHOLL),. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam belajar ada anak didik yang cepat mencerna bahan, ada yang sedang dan ada yang lamban dalam mencerna bahan yang diberikan oleh guru. Ketiga tipe ini menghendaki agar guru mengatur strategi pengajaran yang sesuai dengan gayagaya belajar anak didik, saat ini telah muncul sebuah solusi baru yang dikemukaan oleh Colin Rose dan Malcolm J. Nicholl tentang cara belajar cepat. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep cara belejar cepat dalam buku “Accelerated Learning For The 21st Century” karya Colin Rose dan Malcolm J. Nicholl, serta bagaimana implikasinya terhadap proses belajar mengajar di klas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan buku-buku, naskah-naskah, artikel dan dokumentasi lainnya. Sedangkan metode pengolahan data menggunakan metode deskriptif analitik. Adapun langkah yang digunakan dalam pengolahan data adalah:deskriptif, interpretasi, komparasi dan pengambilan kesimpulan. Metode berpikir yang digunakan dalam penelitian ini adalah induktif dan deduktif. Berdasarkan pengumpulan data dan analisisnya, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) konsep cara belajar cepat dalam Accelerated Learning For The 21 st century adalah konsep yang menuntut adanya uapaya untuk mengantisipasi perubahan, antara lain: terus menerus meningkatkan kemampuan belajar personal dan menguasai dua ketrampilan utama yang diyakini sebagai ketrampilan super pada abad 21, yaitu belajar bagaimana belajar dan belajar bagaimana bagaimana berpikir. (2) implikasi accelerated learning terhadap proses belajar mengajar di kelas meliputi tiga konsep dasar, yaitu: konsep belajar mengajar, strategi belajar dan cara belajar siswa denga n mengaplikasikan metode belajar 6 langkah M-A-S-T-E-R.. (3) Accelered learning sebagai suatu pendekatan dalam dunia pendidikan modern menawarkan alternatif baru dalam proses pembelajaran, sehingga proses belajar dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan efektif. Sedangkan kekurangan dari accelerated learning adalahmetode yang ditawarkan accelerated learning tidak menyentuh aspek-aspek spiritual, serta prinsip MKT kurang bisa diterapkan dalam pendidikan di Indonesia khususnya pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Accelerated Learning, Pendidikan, Islam, Pendidikan Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 19 Dec 2013 19:04
Last Modified: 09 Mar 2017 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9738

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum