EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KOLABORASI METODE LISTENING TEAM DAN METODE SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA (Pokok Bahasan Kubus dan Balok)

ACHMAD MA’RUFUL FURQON, NIM. 06600049 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KOLABORASI METODE LISTENING TEAM DAN METODE SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA (Pokok Bahasan Kubus dan Balok). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KOLABORASI METODE LISTENING TEAM DAN METODE SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA (Pokok Bahasan Kubus dan Balok))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KOLABORASI METODE LISTENING TEAM DAN METODE SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA (Pokok Bahasan Kubus dan Balok))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (596kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan kolaborasi metode listening team dan metode simulasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 dibanding pembelajaran matematika dengan metode konvensional. Desain penelitian ini adalah quasi-experimental designs dengan model posttest only control group design. Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas penelitian ini adalah kolaborasi metode listening team dan metode simulasi dan juga metode konvensional, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari empat kelas. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal posttest dan lembar observasi keterlaksanaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah ujit, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t dengan taraf signifikansi (Sig.) sebesar 0,05, diperoleh hitung t = 3,35 > tabel t = 1,68. Hal ini berarti H0 ditolak, artinya pembelajaran matematika dengan kolaborasi metode listening team dan metode simulasi lebih efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 dibanding pembelajaran matematika dengan metode konvensional. Kata kunci: efektivitas pembelajaran, kolaborasi metode listening team dan metode simulasi, metode konvensional dan kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Sumaryanta, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: efektivitas pembelajaran, kolaborasi metode listening team dan metode simulasi, metode konvensional dan kemampuan berpikir kritis
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Dec 2013 07:23
Last Modified: 25 Jan 2016 04:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9746

Actions (login required)

View Item View Item