EFEKTIFITAS MEDIA POCKET BOOK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MAN REMBANG

YULI ALVIANTI , NIM. 07690007 (2012) EFEKTIFITAS MEDIA POCKET BOOK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MAN REMBANG. Skripsi thesis, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) Efektivitas penggunaan media pocket book dibandingkan dengan buku paket terhadap hasil belajar kognitif siswa, 2) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran fisika dengan menggunakan media pocket book. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X5 sebagai kelas eksperimen, kelas X6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data adalah metode tes dan metode angket. Untuk mengetahui keefektifan media pocket book dan buku paket terhadap hasil belajar menggunakan persentase ketuntasan klasikal, kemudian dibuktikan dengan uji t satu sampel. Sedangkan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan pocket book digunakan persentase skor angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pocket book lebih efektif dibandingkan dengan buku paket. Hal ini dilihat dari persentase ketuntasan klasikal kelas eksperimen pada hasil belajar kognitif sebesar 91,17%. Adapun pada kelas kontrol diperoleh ketuntasan klasikal aspek kognitif sebesar 58,06%. Hal tersebut diperkuat dari hasil tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan pocket book yang menunjukkan (positif) dengan persentase secara keseluruhan sebesar 81,28%. Hasil perhitungan pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa persentase ketuntasan klasikal 75% dan telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Kemudian hasil tersebut diperkuat dengan uji t satu sampel yang membuktikan bahwa media pocket book pada kelas eksperimen lebih efektif terhadap hasil belajar kognitif. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media pocket book lebih efektif dibandingkan dengan buku paket.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pocket book, Hasil belajar kognitif
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 23 Jan 2014 11:43
Last Modified: 02 Feb 2016 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9832

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum