PENGARUH RELIGIUSITAS, TINGKAT PENGHASILAN, DAN LAYANAN TERHADAP MINAT MUZAKKI UNTUK MEMBAYAR ZAKAT MAAL DI LAZIS NU

A. MUS’AB, NIM. 05390026 (2012) PENGARUH RELIGIUSITAS, TINGKAT PENGHASILAN, DAN LAYANAN TERHADAP MINAT MUZAKKI UNTUK MEMBAYAR ZAKAT MAAL DI LAZIS NU. Skripsi thesis, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)

Abstract

Untuk memberdayakan dana zakat secara optimal, maka diperlukan sebuah lembaga pengelola zakat yang profesional, akuntabel amanah dan transparan. Sehingga menjadi dorongan bagi masyarakat membayar zakat di lembaga zakat. Tingkat religiusitas seseorang, khususnya pemahaman mengenai kewajiban zakat sangat mempengaruhi kesadaran seseorang untuk mengeluarkan zakat. Tingkat pendapatan memiliki hubungan mengenai apakah harta tersebut sudah mencapai nishab atau belum. Sedangkan layanan yang optimal dan baik akan dapat mempengaruhi minat masyarakat dalam membayarkan zakatnya. Penelitian ini menjelaskan masalah apakah ada pengaruh religiusitas, pendapatan dan layanan terhadap minat masyarakat membayar zakat. Penelitian ini bertujuan menguji secara parsial dan simultan bagaimana, religiusitas, pendapatan dan layanan berpengaruh terhadap minat masyarakat membayar zakat di LAZIS NU. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah (Non Probability Sampling) dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan maksud atau tujuan tertentu dalam keseluruhan populasi. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian yang diolah dengan program SPSS Versi 16.0 for windows menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen ( religiusitas, pendapatan dan layanan) terhadap variabel dependen (minat masyarakat) sebesar 71,9%, sedangkan yang 28,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hal ini berarti sangat besar sekali kemampuan variabel religiusitas, pendapatan dan layanan dalam menerangkan variabel minat. Hasil uji empiris pengaruh antara religiusitas terhadap minat masyarakat, menunjukkan nilai t hitung 3,914 dan p value (sig) sebesar 0,000 yang di bawah 5%. Artinya bahwa religiusitas berpengaruh terhadap minat masyarakat. Pengaruh antara pendapatan terhadap minat masyarakat menunjukkan nilai t hitung 3,635 dan p value (sig) sebesar 0,001 yang di bawah 5%. Artinya bahwa pendapatan berpengaruh terhadap minat masyarakat. Sedangkan pengaruh antara layanan terhadap minat masyarakat menunjukkan nilai t hitung 2,084 dan p value (sig) 0,042, dengan menggunakan tingkat alpha 5%, maka posisi nilai probabilitasnya berada dibawah Alphanya. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan terhadap minat masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Zakat Di Lembaga Amil Zakat, Zakat, LAZIS NU Yogyakarta
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 23 Jan 2014 13:28
Last Modified: 31 Aug 2016 15:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9837

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum