PERSEPSI PENILAIAN STAF MARKETING TERHADAP PRODUK MUḌĀRΑBΑH DALAM PENYALURAN DANA INVESTASI (Studi Kasus pada BMT di Kota Yogyakarta)

AMY RAHMAWATI, NIM. 07390084 (2012) PERSEPSI PENILAIAN STAF MARKETING TERHADAP PRODUK MUḌĀRΑBΑH DALAM PENYALURAN DANA INVESTASI (Studi Kasus pada BMT di Kota Yogyakarta). Skripsi thesis, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Persepsi Penilaian Staf Marketing Terhadap Produk Muḍᾱrαbαh dalam Penyaluran Dana Investasi” yang bertujuan untuk menguji faktor apa saja yang mempengaruhi penyaluran pembiayaan investasi muḍᾱrαbαh di BMT kota Yogyakarta menurut penilaian staf marketing. Penelitian ini fokus terhadap variabel arus kas, tingkat risiko, tingkat return, dan sistem informasi akuntansi yang bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap penyaluran pembiayaan investasi muḍᾱrαbαh. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang mana populasi yang diambil adalah staf marketing pada BMT di kota Yogyakarta yang masuk sebagai anggota Pusat Koperasi Syariah (PUSKOPSYAH) kota Yogyakarta. BMT yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 9 BMT dengan 37 staf marketing. Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 6,491 dengan probabilitas 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa p-value<α (0,001< 0,05) yang berarti penilaian arus kas, tingkat risiko, tingkat return, dan sistem informasi akuntansi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penyaluran pembiayaan investasi muḍᾱrαbαh. Nilai koefisien determinasi (R ii 2 ) menunjukkan besarnya adjusted R 2 sebesar 0,400. Hal ini berarti gabungan variabel arus kas (X1), tingkat risiko (X2), tingkat return (X3), dan sistem informasi akuntansi (X4) dapat menjelaskan penilaian staf marketing terhadap penyaluran pembiayaan investasi muḍᾱrαbαh sebanyak 40%. Sedangkan 60% nya dipengaruhi oleh model lain diluar model yang digunakan. Dan dari hasil uji T diperoleh bahwa dari empat hipotesis yang diajukan pada penelitian ini ada dua hipotesis yang tidak signifikan mempengaruhi penyaluran pembiayaan investasi muḍᾱrαbαh yaitu tingkat risiko dan sistem informasi akuntansi, sedangkan dua hipotesis lainnya yaitu arus kas dan tingkat return signifikan mempengaruhi penyaluran pembiayaan investasi muḍᾱrαbαh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: arus kas, tingkat risiko, tingkat return, sistem informasi akuntansi, dan penyaluran pembiayaan investasi muḍᾱrαbαh.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 23 Jan 2014 07:33
Last Modified: 09 Sep 2016 02:32
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/9844

Actions (login required)

View Item View Item