PENGARUH RELATIONSHIP QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI PADA BANK BNI SYARIAH YOGYAKARTA)

EGHA EZAR JUNAEKA PUTRA HASSANY , NIM. 09390043 (2014) PENGARUH RELATIONSHIP QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI PADA BANK BNI SYARIAH YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RELATIONSHIP QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI PADA BANK BNI SYARIAH YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RELATIONSHIP QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI PADA BANK BNI SYARIAH YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (492kB)

Abstract

Kunci keberhasilan relationship marketing adalah implementasinya melalui kualitas keterhubungan atau relationship quality yang terdiri dari kepercayaan (trust), komitmen (commitment), kepuasan (satisfaction) dan komunikasi (communication).Dalam penelitian ini, keempat variabel komponen tersebut digunakan untuk memprediksi loyalitas nasabah.Bank BNI Syari`ah merupakan salah satu bank yang menggunakan sistem syariah dan selalu berupaya meningkatkan loyalitas kepada nasabahnya. Salah satu upaya dalam meningkatkan loyalitas ini adalah dengan melalui relationship quality.Relationship quality merupakan suatu strategi dalam rangka membina hubungan jangka panjang dengan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel relationship quality yang terdiri dari kepercayaan (trust), komitmen (commitment), kepuasan (satisfaction) dan komunikasi (communication) berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap Loyalitas Nasabah Bank BNI Syari`ah. Pengujian ini menggunakan teknik accidental sampling yaitu mengambil responden sebagai sumber sampel berdasarkan kebetulan, dimana siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sempel bila orang yang ditemui cocok sebagai sumber data. Subjek adalah 100 nasabah aktif Bank BNI Syari`ah yang telah menjadi nasabah sekurang-kurangnya 1 tahun dan minimal melakukan transaksi 1 kali dalam sebulan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel relationship quality yang terdiri dari kepercayaan (trust), komitmen (commitment), kepuasan (satisfaction) dan komunikasi (communication) berpengaruh secara simultan terhadap Loyalitas Nasabah Bank BNI Syari`ah dengan pengaruh 44,1%, sedangkan sisanya sebesar 55,9% dijelaskan oleh variabel lain. Secara parsial, variabel kepercayaan (trust), komitmen (commitment), kepuasan (satisfaction) dan komunikasi (communication) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah Bank BNI Syari`ah. Kata Kunci: Relationship Marketing, Relationship Quality, Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Komunikasi, Loyalitas Nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Drs. A. YUSUF KHOIRUDDIN, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing, Relationship Quality, Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Komunikasi, Loyalitas Nasabah.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Jan 2014 14:15
Last Modified: 27 Sep 2016 12:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9880

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum