NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAŞĀYĀ AL-ĀBĀ’ LIL ABNĀ’ KARANGAN SYĀIKH MUHAMMAD SYĀKIR DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN

ABDUL KIROM, NIM. 09410084 (2014) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAŞĀYĀ AL-ĀBĀ’ LIL ABNĀ’ KARANGAN SYĀIKH MUHAMMAD SYĀKIR DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAŞĀYĀ AL-ĀBĀ’ LIL ABNĀ’ KARANGAN SYĀIKH MUHAMMAD SYĀKIR DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAŞĀYĀ AL-ĀBĀ’ LIL ABNĀ’ KARANGAN SYĀIKH MUHAMMAD SYĀKIR DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABDUL KIROM. Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Waşāyā alĀbā’ lil Abnā’ Karangan Syāikh Muhammad Syākir dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pendidikan seharusnya mampu mencetak manusia yang cerdas secara intelektual (IQ), emosional (EQ), dan spritual (SQ). Namun pada kenyataan pendidikan kita hanya mampu mencetak peserta didik yang cerdas secara intelektual (IQ) saja, dan mengabaikan kecerdasan emosional (EQ) dan spritual (SQ). Pendidikan Akhlak merupakan suatu harapan bagi solusi problem moralitas dan karakter bangsa pada saat ini. Makadari itu, insititusi pendidikan memiliki tanggung jawab untuk menanamkan melalui proses pembelajaran. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Waşāyā al-Ābā’ lil Abnā’ dan bagaimanakah relevansi kitab Waşāyā al-Ābā’ lil Abnā’ dengan pendidikan agama Islam. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Waşāyā al-Ābā’ lil Abnā’ dan relevansi kitab Waşāyā al-Ābā’ lil Abnā’ dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan objek material penelitian adalah kepustakaan dengan sumber primer penelitian yaitu kitab Waşāyā al-Ābā’ lil Abnā’ . Proses pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi, sedangkan analisis dilakukan dengan metode interprestasi, yakni dengan menunjukkan arti, mengungkapkan serta mengatakan esensi dari nilai pendidikan akhlak yang tertuang dalam kitab Waşāyā al-Ābā’ lil Abnā’ tersebut secara objektif. Dalam menarik sebuah kesimpulan, digunakan metode berfikir deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Waşāyā al-Ābā’ lil Abnā’ telah terangkum dalam dua puluh pasal yang telah dikemas secara sistematis. Dan antara materi yang satu dengan lainnya terdapat keserasian sebagai sarana dalam mencapai kompetensi pendidikan akhlak. Materi-materi yang ditawarkan oleh Syāikh Muhammad Syākir tersebut tidak hanya meliputi materi yang berkaitan dengan individual saja, melainkan juga materi yang berhubungan dengan kehidupan sosial kemasyarakatan dan didalamnya juga mencakup aktifitas yang berhubungan dengan Tuhannya. 2) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Waşāyā al-Ābā’ lil Abnā’ ini sangat relevan dengan pendidikan agama Islam saat ini, dikarenakan di dalam kitab Waşāyā al-Ābā’ lil Abnā’ ini dapat dijadikan sabagai rujukan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, khususnya mata pelajaran akhlak, dan juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, agar menjadi manusia yang berkarakter mulia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: DRS. MUJAHID, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 29 Jan 2014 10:36
Last Modified: 02 Aug 2017 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9895

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum