PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PEMBENTUKAN KEJUJURAN SISWA MTs NEGERI GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA

AMANATUS SHOBROH, NIM. 09470042 (2014) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PEMBENTUKAN KEJUJURAN SISWA MTs NEGERI GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PEMBENTUKAN KEJUJURAN SISWA MTs NEGERI GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PEMBENTUKAN KEJUJURAN SISWA MTs NEGERI GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pertama, menganalisa untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat subvariabel independen. Kedua, untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kejujuran siswa. Ketiga, menganalisa untuk mengetahui dari keempat subvariabel independen mana saja yang berpengaruh terhadap pembentukan kejujuran siswa. keempat, untuk memprediksi berapa kontribusi subvariabel independen yang signifikan terhadap pembentukan kejujuran siswa MTs N Galur. Penelitian dilaksanakan di MTs N Galur Kulon Progo Yogyakarta dengan sampel sebanyak 54 orang yang diambil dari siswa kelas VII dan VIII. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling dengan mengacu pada random table. Independen variabel yang ada dalam penelitian ini adalah pendidikan karakter dengan subvariabel yang terdiri karakter keagamaan, karakter kepribadian, karakter lingkungan, dan karakter kebangsaan. Sedangkan dependen variabel (pembentukan kejujuran (Y)). Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama, descriptive statistics untuk mengetahui distribusi frekuensi temuan data dari lapangan. Kedua, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pendidikan karakter terhadap pembentukan kejujuran siswa digunakan model analisis regresi dengan menggunakan SPSS (Statistical Package For Social Sciences) sebagai alat bantu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Dari keempat subvariabel yang diteliti, mayoritas siswa memiliki karakter keagamaan sebanyak 5 siswa “rendah” dan 49 siswa “tinggi”, karakter kepribadian sebanyak 8 siswa “rendah” dan 46 siswa “tinggi”, lingkungan sebanyak 4 siswa “rendah” dan 50 siswa “tinggi”, dan kebangsaan sebanyak 13 siswa “rendah” dan 41 siswa “tinggi” sehingga dapat disimpulkan mayoritas siswa memiliki karakter tinggi dibandingkan dengan karakter yang rendah. (2). Dari variabel dependen yaitu kejujuran yang dimiliki siswa sangat tinggi. (3). Dari masing-masing subvariabel independen yaitu karakter keagamaan diperoleh phi sebesar 0.12 dan angka signifikansinya sebesar 0.38, ini berarti tidak ada pengaruh terhadap kejujuran siswa. Karakter kepribadian diperoleh phi 0.41 dan angka signifikansinya sebesar 0.00, berarti ada pengaruh terhadap kejujuran siswa. Karakter terhadap lingkungan diperoleh phi 0.15 dan angka signifikansinya sebesar 0.26, berarti tidak ada pengaruh terhadap kejujuran siswa. Karakter kebangsaan diperoleh phi 0.27 dan angka signifikansinya sebesar 0.05, berarti ada pengaruh yang lemah terhadap kejujuran siswa. (4). Dari keempat subvariabel independen hanya karakter kepribadian dan karakter kebangsaan yang ternyata signifikan berpengaruh terhadap pembentukan kejujuran siswa MTs N Galur, menunjukkan bahwa perilaku kejujuran dapat dijelaskan oleh karakter kepribadian dan karakter kebangsaan dalam pendidikan karakter berkontribusi sebesar 0.24 (24%) dan sisanya sebesar 76%, kejujuran siswa dipengaruhi subvariabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : pendidikan karakter, kejujuran, keagamaan, kepribadian, lingkungan dan kebangsaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Riduan Zain, S.ag., MA
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, kejujuran, keagamaan, kepribadian, lingkungan dan kebangsaan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Jan 2014 09:25
Last Modified: 30 Jan 2014 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9898

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum