PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS III DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

DHITA SETIYAWAN, NIM. 08480059 (2014) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS III DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS III DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS III DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (643kB)

Abstract

Kemampuan seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran pada kelas III Madrasah Ibtidaiyah akan sangat diuji karena tingkat pemahaman siswa yang belum baik. Untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran berlangsung dengan semestinya adalah tujuan penelitian ini. Penelitian akan mengukur peran guru dalam proses pembelajaran PKN serta faktor yang mendukung dan menghambat proses pembelajaran PKN di kelas III A MIN Tempel Ngaglik Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (qualitative reseach) dan mengambil latar di MIN Tempel Ngaglik Sleman Yogyakarta, dalam hal ini meneliti bagaimana pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, proses pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Analisis data dengan triangulasi dan disajikan secara kualitatif dan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peran guru dalam meningkatkan minat belajar PKN pada siswa kelas III A di di MIN Tempel Ngaglik Sleman Yogyakarta serta faktor pendukung dan penghambat mata pelajaran PKN. Peran guru dalam meningkatkan minat belajar PKN dibagi oleh penulis dalam empat kategori antara lain: peran guru sebagi pengajar, perang guru sebagai pengelola kelas, peran guru sebagai motivator dan peran guru sebagai evaluator. Hasil penelitian ini adalah: (1) Peran guru sebagai pengajar meliputi pembuatan RPP, Silabus sudah baik dengan interprestasi angket mencapai 81,25%. Peran guru sebagai pengelola kelas guru menggunakan power point, pembentukan keompok belajar, kuis dengan interprestasi angket mencapai 71,6%. Peran guru sebagai motivator meliputi menyajikan cerita/kisah kehidupan social, permainan, dan tanya jawab dengan interprestasi angket mencapai 67,7%. Peran guru sebagai evaluator meliputi melakukan Ulangan harian, UTS, UAS dan remidi dengan interprestasi angket mencapai 69%. (2) Hambatan-hambatan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ialah kondisi siswa yang masih labil karena usia serta asal siswa yang beragam dengan kondisi lingkungan sosial yang berbeda. Untuk pendukung adanya kewajiban moral dari guru sendiri serta dukungan sarana dan prasarana yang cukup memadai dari pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Jan 2014 09:58
Last Modified: 31 Jan 2017 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9901

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum