PENERAPAN STRATEGI LISTENING GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (ISTIMA’) DI KELAS X-3 MAN SABDODADI BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013

EKA PURNAMASARI, NIM. 09420134 (2014) PENERAPAN STRATEGI LISTENING GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (ISTIMA’) DI KELAS X-3 MAN SABDODADI BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI LISTENING GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (ISTIMA’) DI KELAS X-3 MAN SABDODADI BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI LISTENING GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (ISTIMA’) DI KELAS X-3 MAN SABDODADI BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (507kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya nilai mata pelajaran Bahasa Arab di kelas X3 MAN Sabdodadi Bantul. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah proses pelaksanaan Penerapan Strategi Listening Group dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab (istima’) di kelas X3 MAN Sabdodadi Bantul, (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas X3 pada mata pelajaran bahasa Arab (istima’) di MAN Sabdodadi Bantul sebelum diterapkannya strategi Listening Group, (3) Seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas X3 pada mata pelajaran bahasa Arab (Istima’) setelah menggunakan strategi Listening Group di MAN Sabdodadi Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Listening Group terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X3 pada mata pelajaran Bahasa Arab (Istima’) di MAN Sabdodadi Bantul Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas X3 MAN Sabdodadi Bantul yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil proses pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi Listening Group. Data yang dikumpulkan berupa nilai post-test siklus I dan Post-test siklus II. Untuk analisis data prestasi menggunakan selisih antara rerata post-test siklus I dan Post-test siklus II. Sedangkan untuk analisis prosentase ketuntasan belajar menggunakan analisis deskripstif teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi listening group dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai post-test yang semula hanya 73,89 pada siklus I, menjadi 82,32 pada siklus II, dengan peningkatan rata-rata 8,43 dan termasuk dalam kategori hasil belajar sangat baik. Peningkatan ketuntasan belajar siswa dapat dilihat dari prosentase ketuntasan belajar, pada siklus I sebesar 64,28% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85,72% dan termasuk dalam kategori ketuntasan belajar baik. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi listening group dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas X3 MAN Sabdodadi Bantul. Kata Kunci: listening Group, Hasil belajar, istima’

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sigit Purnama, S.Pd.I, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Listening Group, Hasil belajar, istima’
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Jan 2014 15:49
Last Modified: 05 May 2017 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9902

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum