PENGEMBANGAN MODUL IPA BERWAWASAN ISLAM MATERI POKOK ENERGI, GAYA, DAN GERAK UNTUK MI KELAS V SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014

ERNI IMMAWATI, NIM. 09480101 (2013) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERWAWASAN ISLAM MATERI POKOK ENERGI, GAYA, DAN GERAK UNTUK MI KELAS V SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL IPA BERWAWASAN ISLAM MATERI POKOK ENERGI, GAYA, DAN GERAK UNTUK MI KELAS V SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL IPA BERWAWASAN ISLAM MATERI POKOK ENERGI, GAYA, DAN GERAK UNTUK MI KELAS V SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (880kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui prosedur pengembangan modul IPA pokok energi, gaya, dan gerak untuk siswa MI kelas V Semester II 2) mengetahui kelayakan modul IPA berwawasan Islam materi pokok energi, gaya, dan gerak untuk siswa MI kelas V Semester II sebagai alternatif modul pendukung buku teks pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development. Prosedur pengembangan modul ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (Analisis) terdiri dari analisis kompetensi, analisis mater, analisis karakteristik siswa, dan analisis instruksional. Tahap Design (Desain) terdiri dari menentukan kerangka dan sistematika materi,serta merancang alat evaluasi. Tahap Development and Production (Pengembangan dan Produksi) meliputi pengumpulan referensi dan draft modul sesuai dengan kerangka yang telah disusun kemudian dilakukan penyuntingan oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, ahli agama. Tahap Evaluation (Evaluasi) dilakukan pada setiap tahap pengembangan. Tahap Implementation (Implementasi) tidak dilakukan karena keterbatasan peneliti. Instrumen penilaian yang digunakan untuk mengetahui kelayakan modul adalah lembar angket yang mencakup komponen penilaian yaitu komponen kegrafisan, kelayakan isi, kebahasaan, ketepatan dengan tujuan pengembangan. Uji coba yang dilakukan pada kedua sekolah merupakan uji validasi di mana guru dan siswa hanya memberikan penilaian pada modul saja. Data yang didapat merupakan data kualitatif. Hasil penilaian dari reviewer dijumlahkan untuk masing-masing kategori atau kriteria penilaian dan dipersentase sehingga diketahui kelayakan modul berdasarkan persentase kriteria penilaian terbesar. Hasil penelitian modul IPA berdasarkan hasil penilaian oleh reviewer yang sering muncul dari keseluruhan komponen adalah Baik (B) dengan persentase rata-rata 63,64%. Berdasarkan penilaian tersebut Modul IPA Berwawasan Islam Materi Pokok Energi, Gaya, dan Gerak Untuk Siswa MI Kelas V Semester II tahun ajaran 2013/2014 layak digunakan sebagai modul penunjang buku teks dalam proses pembelajaran IPA. Kata Kunci: pengembangan, modul IPA, berwawasan Islam, energi, gaya, dan gerak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, modul IPA, berwawasan Islam, energi, gaya, dan gerak.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2014 02:02
Last Modified: 26 Jan 2017 02:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9904

Actions (login required)

View Item View Item