STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AN-NAWAWI PUTRA JEJERAN PLERET BANTUL

AAT SHOIM WIJAYA, NIM. 08420007 (2012) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AN-NAWAWI PUTRA JEJERAN PLERET BANTUL. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (510kB)

Abstract

Aat Shoim Wijaya, Stategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Diniyah An-Nawawi Putra Jejeran Pleret Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Diniyah An-Nawawi Putra Jejeran Pleret Bantul dan untuk mengetahui metode pembelajaran bahasa Arab, faktor penghambat dan cara mengatasinya.dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung di pengajaran bahasa umumnya dan khususnya Madrasah Diniyah An-Nawawi sendiri sebagai tempat dilakukanya penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah An-Nawawi Jejeran Pleret Bantul. . Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu dengan menggunakan metode berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan mutu pembelajaran bahasa Arab di madrasah diniyah An-Nawawi melibatkan banyak unsur-unsur didalamnya yaitu: a) Kualitas pengasuh beserta staf pendidik berkompeten dalam menjalankan tugasnya. b) Kurikulum mata pelajaran bahasa Arab disesuaikan menurut kemampuan siswa atau tingkatan kelas.c) Kondisi lingkungan yang mendukung d) Adanya kegiatan ekstrakurikuler sebagai penunjang kemahiran peserta didik dalam memahami bahasa Arab.e) Dukungan dari berbagai pihak (pengasuh pesantren Al-Fithroh, pemerintah, masyarakat, dan institusi madrasah ). f) Evaluasi dilakukan setiap hari pada saat setiap kegiatan pembelajaran, setiap tengah semester dan akhir semester secara lisan (setoran hafalan) dan tertulis. Pembelajaran bahasa Arab di madrasah diniyah An-Nawawi putra sudah cukup baik akan tetapi masih ada hambatan-hambatan, diantara hambatan itu antara lain, guru kurang ontime. Input peserta didik berbeda-beda sehingga harus sabar dalam menghadapinya, kurangnya sarana dan prasarana seperti media pembelajaran, ruang kelas yang kurang memadai sehingga ada beberapa kelas ditempatkan di aula dan rumah pengasuh. Dengan masih adanya hambatan-hambatan dalam proses belajar mengajar disini. Maka masih sangat diperlukan upaya-upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut dengan lebih mengedepankan faktor-faktor pendukung sebagai suatu pijakan dalam pengembangan dan peningkatan mutu pembelajaran bahasa Arab di madrasah diniyah An-Nawawi Putra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 04 Feb 2014 01:44
Last Modified: 06 Apr 2017 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9909

Actions (login required)

View Item View Item