PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM-ASSISTED-INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI YAPPI MULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL

MEI KURNIAWATI , NIM.08480065 (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM-ASSISTED-INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI YAPPI MULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (205kB)

Abstract

Mei Kurniawati. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (TeamAssisted-Individualization) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Blajar Matematika Siswa Kelas V MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan prestasi belajar siswa karena kurangnya kerjasama antar siswa hingga membuat suasana kelas menjadi tidak kondusif. Untuk mengatasi permasalah tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Perbaikan pembelajaran ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team-Assisted-Individualization) yang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 21 siswa. Data-data yang dikumpulkan berupa data nilai siswa (pra tindakan dan evaluasi), hasil observasi, hasil angket dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal, lembar observasi, angket, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Analisis data untuk keaktifan menggunakan triangulasi, yang meliputi observasi, angket dan wawancara. Untuk prestasi belajar siswa dilihat dari peningkatan rata-rata tiap siklus. Hasil penelitian diperoleh bahwa keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas V MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul mengalami peningkatan. Berdasarkan lembar observasi keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 19,7% sedangkan berdasarkan hasil angket keaktifan siswa meningkat sebesar 6%. Untuk prestasi belajar pada saat pra tindakan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa. Nilai rata-rata siswa pada pra tindakan 51,42 dengan ketuntasan 57,14%. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 67,61 dengan ketuntasan 80,95%. Siklus II juga menunjukkan peningkatan, yaitu ada 19 siswa. Nilai rata-rata pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,85 dengan ketuntasan 90,47%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Accelerated Intruction) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul. Kata kunci : Keaktifan, Prestasi, Team Assisted Individualization (TAI), Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Prestasi, Team Assisted Individualization (TAI), Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 Mar 2014 04:53
Last Modified: 18 Jan 2017 07:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9914

Actions (login required)

View Item View Item