IMPLEMENTASI PROGRAM REMEDIAL MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR KABUPATEN SLEMAN

MIFTAHUN NAFISAH, NIM.08420029 (2012) IMPLEMENTASI PROGRAM REMEDIAL MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)

Abstract

MIFTAHUN NAFISAH. Implementasi Program Remedial Mata Pelajaran Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 1 Minggir Kabupaten Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan program remedial dalam mata pelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para guru dalam melaksanakan program remedial agar dapat berjalan sesuai dengan konsep pengajaran remedial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 1 Minggir kabupaten Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan baru kemudian menarik kesimpulannya. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan remedial di SMP Muhammadiyah 1 Minggir khususnya mata pelajaran bahasa Arab cukup bagus dan terstruktur. Hal ini ditunjukkan oleh penilaian siswa tentang konsep, tujuan, fungsi, strategi, metode, dan penilaian program remedial dalam kategori baik. (2) Program remedial pada pelajaran bahasa Arab telah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Minggir yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai remedial siswa sebesar 40%. (3) Dalam pelaksanaannya, program remedial mengalami beberapa hambatan antara lain yaitu: siswa tidak memperhatikan ketika guru menerangkan, siswa kurang bersungguh-sungguh dalam mengerjakan soal, siswa berhenti mengerjakan soal ketika sudah mengalami kesulitan, dan siswa tidak masuk sekolah ketika pelaksanaan remedial. Namun sejauh ini, hambatan tersebut dapat diatasi dengan baik. Kata kunci: Remedial, Bahasa Arab, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Remedial, Bahasa Arab, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 05 Mar 2014 11:56
Last Modified: 10 Apr 2017 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9917

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum