KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MI MA’ARIF NGABLAK II, SRUMBUNG, MAGELANG

MUHTADI RAHMAT, NIM. 07480022 (2012) KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MI MA’ARIF NGABLAK II, SRUMBUNG, MAGELANG. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (951kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (136kB)

Abstract

Muhtadi Rahmat. Latar Belakang: Guru sebagai agen pembelajaran berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Untuk dapat melaksanakan fungsinya dengan baik, guru wajib untuk memiliki syarat tertentu salah satu di antaranya adalah kompetensi. Adapun kompetensi yang dipersyaratkan bagi guru meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Kompetensi pedagogik guru sangat berperan penting dalam pembelajaran, karena dari sisi ini siswa akan memperoleh pembelajaran secara runtut dan seksama sesuai dengan sistematika pembelajaran yang baik. Siswa kelas tiga masih banyak membutuhkan perhatian karena konsentrasinya masih kurang dan aktivitas belajar juga masih kurang. Hal ini memerlukan kegigihan guru dalam menciptakan proses belajar yang lebih menarik dan efektif. Tujuan dan metode: Untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik yang dimiliki guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III dan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di MI MA Ngablak II. Jenis penelitian Ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data adalah menggunakan analisis data non statistik atau analisis data deskriptif kualitatif. Hasil : Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam menyusun rencana pembelajaran, jarang membuat rancangan pembelajaran, tetapi sering menyampaikan tujuan pembelajaran. Dalam mengelola pembelajaran, guru selalu memberikan pre-test, apresiasi dan post-test, mengkondisikan siswa sebelum proses pembelajaran berlangsung, memberikan penguatan dan sering memberikan motivasi kepada siswa. Dalam mengevaluasi hasil belajar atau penilaian hasil belajar, guru sering merancang pertanyaan. Dalam mengembangkan potensi peserta didik, guru sering memberikan bantuan dan perhatian bagi siswa yang menghadapi kesulitan, selalu memberikan dukungan bagi siswa yang aktif dalam proses pembelajaran, serta berupaya menanamkan kedisiplinan. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III adalah memberi kesempatan kepada guru mengikuti pelatihan, KKG, seminar dan mengadakan musyawarah antar guru. Kesimpulan: Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III MI MA Ngablak II, Srumbung, Magelang masih kurang ditunjukkan dengan masih jarangnya guru membuat rancangan pembelajaran. Kata kunci : Kompetensi pedagogik, mata pelajaran Bahasa Indonesia dan kelas III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik, mata pelajaran Bahasa Indonesia dan kelas III.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 Mar 2014 04:57
Last Modified: 18 Jan 2017 07:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9929

Actions (login required)

View Item View Item